Pj Bupati Lumajang Hadir dalam Perkenalan IKN: Presiden Jokowi Berikan Arahan Kepala Daerah

Pj Bupati Lumajang Hadir dalam Perkenalan IKN: Presiden Jokowi Berikan Arahan Kepala Daerah

Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni menghadiri pengarahan Presiden Jokowi di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN).-Biro Lumajang-

LUMAJANG, MEMORANDUMPresiden Joko Widodo menggelar pertemuan penting di Istana Negara untuk memperkenalkan perkembangan terbaru mengenai pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) kepada seluruh kepala daerah se-Indonesia, termasuk gubernur, bupati, dan wali kota. Pj bupati Lumajang, Indah Wahyuni, hadir dalam kesempatan ini dan menerima arahan langsung dari Presiden.

BACA JUGA:Polrestabes Surabaya Gelar Sispamkota di KPU, Antisipasi Potensi Kerawanan

Dalam pengarahan tersebut, Presiden Jokowi menekankan dua isu utama: peningkatan daya beli masyarakat dan persiapan Pilkada serentak yang akan datang.

"Presiden berpesan agar kami, para kepala daerah, fokus pada upaya menjaga daya beli masyarakat dan mempersiapkan pelaksanaan Pilkada serentak agar berjalan aman dan damai," ungkap Bunda Yuyun, sapaan akrab Indah Wahyuni, saat dimintai keterangan, Rabu 14 Agustus 2024.

BACA JUGA:Perkuat Peran Daerah Dalam Peningkatan Pelayanan Kekayaan Intelektual yang Berkelanjutan

Presiden Jokowi menyoroti perlunya percepatan realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Beliau mencatat rendahnya realisasi belanja di kabupaten/kota yang baru mencapai 31 persen, sementara di tingkat provinsi baru mencapai 41 persen.

"Realisasi APBD harus segera dipercepat untuk mendorong ekonomi lokal dan menjaga stabilitas daya beli masyarakat," kata Presiden Jokowi.

BACA JUGA:Ratusan UMKM Jatim Ramaikan Mobile Intellectual Property Clinic (MIC) 2024

Beliau juga memberikan apresiasi kepada daerah-daerah yang telah berhasil mengendalikan inflasi, termasuk Lumajang. "Presiden mengapresiasi upaya kami dalam menjaga inflasi tetap terkendali," tambah Bunda Yuyun.

Menjelang Pilkada serentak, Presiden meminta kepala daerah untuk memastikan anggaran Pilkada segera diselesaikan dan keamanan terjaga dengan baik. 

BACA JUGA:Komplotan Begal Beraksi di Balai Kota Surabaya, Ancam Celurit Petugas Kebersihan Rampas Beat

"Persiapan untuk Pilkada harus matang, termasuk penyelesaian anggaran dan pengamanan. Kami akan menindaklanjutinya bersama Forkopimda Kabupaten Lumajang, KPU, dan Bawaslu untuk memastikan Pilkada di Lumajang berjalan dengan aman dan damai," jelasnya.

BACA JUGA:Satpol PP Surabaya Tertibkan Usaha Barang Bekas di Bantaran Sungai Kali Tebu

Pertemuan ini bukan hanya untuk menerima arahan, tetapi juga sebagai wujud komitmen pemerintah daerah dalam mendukung agenda nasional, termasuk pembangunan Ibu Kota Nusantara serta stabilitas politik dan ekonomi di seluruh Indonesia.

Sumber: