Pj Wali Kota Batu Hadiri Rakor Perdana Kepala Daerah di IKN

Pj Wali Kota Batu Hadiri Rakor Perdana Kepala Daerah di IKN

Presiden RI Joko Widodo memberikan pengarahan kepada kepala daerah di Istana Garuda, Ibu Kota Negara (IKN) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.-Biro Malang Raya-

BATU, MEMORANDUM - Sebanyak 517 gubernur dan wali kota dari seluruh Indonesia berkumpul di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa 13 Agustus 2024.

BACA JUGA:KPK Geledah Rumah Tan Pauli di Surabaya

Rapat koordinasi kepala daerah dipimpin Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Tampak Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai hadir secara langsung. Ia mengaku sangat takjub dengan pembangunan IKN sebagai karya anak bangsa yang sangat megah. 

"IKN luar biasa, karya anak bangsa yang terbukti sudah diwujudkan oleh Presiden Joko Widodo, walaupun belum sepenuhnya tuntas namun terlihat bahwa karya anak bangsa tidak kalah dengan karya dari luar," katanya di sela-sela acara.

BACA JUGA:Polisi Akui Kesulitan Ungkap Identitas Mayat Terbakar di Kota Pasuruan

Aries mengaku bangga saat berada di IKN melihat secara langsung wujud nyata hasil pembangunan IKN.

" Saya bangga saat berada di IKN wujud nyata IKN, ini bukti bahwa bangsa Indonensia adalah bangsa yang besar dan maju. Membangun peradaban bangsa Indonesia wujud tampak ada dengan diperlihatkan di IKN ini," tegasnya.

Terkait rakor, Aries menyampaikan sesuai hasil rapat koordinasi, Pemerintah Kota Batu sepenuhnya akan mendukung arahan Presiden RI. Salah satunya adalah pentingnya penyerapan anggaran dalam APBD. 

BACA JUGA:Penyerahan Sertifikat Gedung PCNU Kota Surabaya: Momen Bersejarah di Kantor Pertanahan

"Dalam rapat koordinasi, Bapak Presiden mengingatkan pentingnya penyerapan anggaran APBD baik di pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota. Penyerapan APBD yang maksimal, diharapkan menjadi kekuatan daya beli masyarakat yang semakin baik," terangnya.

Melalui serapan belanja seluruh program di APBD yang semakin tinggi, lanjut Aries, tentu akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.

BACA JUGA:Piala Super UEFA Jadi Laga Kompetitif Perdana Mbappe Bersama Real Madrid

"Kami mendukung arahan Bapak Presiden agar daerah mempercepat lagi untuk penyerapan belanja daerah. Melalui percepatan pelaksanaan seluruh program tentu akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat," terangnya. 

Sebelum rakor, para kepala daerah naik bus bersama-sama dari Kota Balikpapan menuju Istana Garuda. Sebelum memasuki Istana Garuda, Mendagri bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)/ Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono serta para kepala daerah berkunjung ke beberapa tempat di Kawasan Sumbu Kebangsaan IKN.

Sumber: