4 Pati Polri Ikuti Seleksi Capim KPK, Berebut Markas Kuningan

4 Pati Polri Ikuti Seleksi Capim KPK, Berebut Markas Kuningan

gedung kpk--

JAKARTA, MEMORANDUM Polri mengirimkan empat anggota kepolisian untuk mengikuti proses seleksi calon pimpinan (capim) dan dewan pengawas KPK periode 2024-2029.

“Polri memberikan beberapa nama, yang mana dalam hal ini yang tentunya melalui seleksi dan memenuhi syarat,” kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjenpol Trunoyudo Wisnu Andiko di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu 17 Juli 2024.

BACA JUGA:KPK Tetapkan 21 Tersangka Pokir DPRD Jatim

BACA JUGA:Kasus Dugaan Korupsi Gus Muhdlor, KPK Panggil Dua Pejabat Pemkab Sidoarjo

BACA JUGA:KPK Tetapkan 4 Anggota DPRD Jatim Jadi Tersangka Kasus Suap Dana Hibah

Trunoyudo menyebut anggota Polri yang telah mendaftar antara lain Komjenpol Setyo Budianto. Setyo lulusan Akpol tahun 1989 kini menjabat sebagai Irjen di Kementerian Pertanian. Selanjutnya Komjenpol Ridwan Zulkarnain Panca Putra yang merupakan lulusan Akpol tahun 1990.

Panca saat ini sebagai Sekretaris Utama di Lembaga Ketahanan Nasional. Panca pernah bertugas di KPK. Jenderal bintang tiga itu menjabat Direktur Penyidikan KPK 2018-2020. Panca juga sempat menjabat Kapolda Sumatra Utara.

Kemudian Kapolda Kalimantan Tengah Irjenpol Djoko Poerwanto dan Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi Irjenpol Didik Agung Wijanarko.

Trunoyudo menambahkan keempat anggota Polri yang mengikuti seleksi capim KPK itu sebelumnya juga telah menjalani proses seleksi dan penilaian dari pimpinan.

“Keempat personel tersebut adalah merupakan personil yang terbaik dimana dengan adanya panitia seleksi Capim KPK tentu Polri menjawab sebagai suatu usulan,” ujarnya.

BACA JUGA:KPK Kembali Obok-obok Surabaya, Rumah Anggota DPRD Jatim Turut Digeledah Terkait Kasus Ini

BACA JUGA:Sambangi Kabupaten Tulungagung, KPK Soroti Sejumlah Hal di Lingkup Pemkab

Diketahui, Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK untuk periode 2024-2029 mencatat total 525 pendaftar sejak pendaftaran mulai 26 Juni hingga 15 Juli 2024 pukul 23.59 WIB.

Dari jumlah tersebut, kata Wakil Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK Arif Satria, sebanyak 318 orang terdiri atas 298 laki-laki dan 20 perempuan mendaftar sebagai capim KPK, sementara pendaftar calon dewas tercatat 207 orang terdiri atas 184 laki-laki dan 23 perempuan.

Sumber: