Sambut Siswa Baru, Guru dan Tenaga Pendidik SDN Wonokusumo V Surabaya Berkostum Superhero

Sambut Siswa Baru, Guru dan Tenaga Pendidik SDN Wonokusumo V Surabaya Berkostum Superhero

Para guru dan tenaga pendidik SDN Wonokusumo V Surabaya tampil kompak mengenakan kostum superhero. -Alif Bintang-

SURABAYA, MEMORANDUM - Pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) tahun ajaran 2024-2025 di SDN Wonokusumo V Surabaya berlangsung seru dan penuh sukacita. Hal ini berkat penampilan jenaka para guru dan tenaga pendidik yang menggunakan kostum superhero.

BACA JUGA:Cegah Perundungan, Kanitbinmas Polsek Krian Minta Pelajar Tidak Takut Lapor 

Di antaranya ada yang berkostum Batman, Ironman, Superman, Wonderwoman, dan tokoh wayang Arjuna yang digunakan oleh Plt Kepala SDN Wonokusumo V Surabaya Riyo Darminto.

"Tema superhero ini kami ambil karena kami ingin menciptakan superhero-superhero di masa depan. Kami ingin para anak didik kami meneladani sikap superhero dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari," kata Wirda Nasicha, ketua pelaksana MPLS di SDN Wonokusumo V Surabaya, Selasa, 16 Juli 2024.

BACA JUGA:Ayah dan Anak di Gresik Kompak Bacok Tetangga, Pergoki Chat Mesra di HP Istri 

Wirda menjelaskan, superhero sendiri memiliki makna dalam pelaksanaan MPLS kali ini. Yakni, diharapkan peserta didik baru menjadi siswa yang super dalam ilmu, dan hero dalam bertindak.

"Kami berharap, anak-anak didik kami dapat menguasai ilmu pengetahuan dan meneladani sikap superhero seperti teguh, tangguh, berani, disiplin, dan suka membantu atau menolong sesama," harap perempuan berhijab ini.

BACA JUGA:Pastikan Tidak Ada Bullying, Wali Kota Tinjau Pelaksanaan MPLS di Sekolah Negeri dan Swasta 

Nantinya, pelaksanaan MPLS bagi peserta didik baru berlangsung selama dua pekan. Pada hari pertama, para siswa diajak mengenal SDM sekolah. Mulai dari mengenal kepala sekolah, guru, tenaga pendidik, dan teman sebaya.

Selanjutnya pada hari kedua, para siswa diajak mengenal fasilitas sekolah. Yakni, melihat gedung sekolah, kelas, ruang guru, dan fasilitas penunjang pendidikan.

BACA JUGA:Ratusan Siswa SDN Wonokusumo VI Surabaya Meriahkan MPLS 2024 dengan Berpakaian Adat Jawa 

"Pada hari ketiga, kami mengajak siswa dan wali murid makan bersama makanan khas Surabaya yaitu lontong balap. Tidak hanya itu, kami juga mengajak wali murid untuk senam bersama dan fun games untuk menambah keharmonisan serta keguyuban antara orang tua dengan tenaga pendidik," tandas Wirda.

Di lokasi, para siswa tampak senang mengikuti serangkaian acara MPLS. Begitu pula orang tua yang turut hadir mendampingi anak-anaknya. Mereka terlihat bangga di tengah nuansa harmonis dan guyub yang berpadu menjadi satu.

BACA JUGA:Keluarga Korban Pelecehan Datangi Polres Pasuruan Tuntut Keadilan 

Sementara itu, Plt Kepala SDN Wonokusumo V Surabaya Riyo Darminto berharap, pelaksanaan MPLS ini dapat membuat betah peserta didik baru. Sehingga mereka nyaman selama menempuh pembelajaran hingga 6 tahun ke depan.

BACA JUGA:Urban Farming Melon di Lahan Fasum Berbuah Manis, Poktan Jemurwonosari Panen 325 Melon 

"Poin utama dalam kegiatan MPLS ini adalah mengenalkan para siswa pada lingkungan baru. Mulai dari mengenal SDM seperti kepala sekolah, guru, petugas perpus dan warga sekolah. Lalu, mengenal fasilitas sekaligus mengenal teman-teman barunya. Sehingga para siswa tidak asing, namun merasa senang, nyaman, dan bangga dengan sekolahnya," pungkas Riyo. (*)

Sumber: