FORKOT Lombakan Egrang, Ketum KORMI Kota Malang : Untuk Meregenerasi Pegiat Olahraga Tradisional

FORKOT Lombakan Egrang, Ketum KORMI Kota Malang : Untuk Meregenerasi Pegiat Olahraga Tradisional

Pegiat egrang beradu kecepatan meraih prestasi terbaik dalam FORKOT 1 Kota Malang 2024.--

MALANG, MEMORANDUM - Olahraga tradisional yang sudah mengakar di masyarakat menjadi tampilan lomba menarik dalam event FORKOT 1 Kota Malang tahun 2024. Diantaranya, lomba balap egrang, dagongan, tarik tambang dan terompah panjang yang saat ini jarang ditemukan.

PORTINA (Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia) salah satu inorga KORMI Kota Malang menggelar lomba olahraga tradisional dalam rangkaian FORKOT 1 Kota Malang di Lapangan Taman Gayam Kota Malang, Minggu 14 Juli 2024.

Menariknya, pegiat yang turun dalam laga PORTINA ini rata-rata berusia belasan tahun. Nampak, mereka sangat antusias memenangkan perlombaan olahraga tradisional yang dibutuhkan kemampuan khusus. 

BACA JUGA:FORKOT 1 Kota Malang 2024, Ketum KORMI Sofyan Edi : Tingkatkan Derajat Kebugaran dan Kesehatan

BACA JUGA:FORKOT Jadi Ajang Unjuk Prestasi, Ketum KORMI Sofyan Edi Apresiasi Pegiat Fespati Tampil di Turki

Ketum KORMI Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko mengapresiasi semangat pegiat olahraga yang tergabung dalam PORTINA, yang dikenal sebagai inorga (induk organisasi olahraga) tertua di KORMI.

“PORTINA memberikan ruang untuk mengakomodir olahraga tradisional. Ini adalah cara untuk menyemangati pegiat olaharga tradisional dan meregenerasi pegiat khususnya olahraga tradisional,” kata Bung Edi, Sapaan akrab Ketum KORMI Kota Malang saat membuka pelaksanaan festival PORTINA.

Memantapkan gerak PORTINA, KORMI Kota Malang menurutnya akan memberikan dukungan penuh meningkatkan prestasi pegiat olahraga tradisional tersebut dan secara bertahap perlu untuk dikenalkan ke sekolah-sekolah.

“Mari PORTINA bersama KORMI untuk menjawab (memajukan, red) dan ini tanggungjawab kita. Inovasi dan semangat ini menjadi hal penting untuk memajukan olahraga tradisional,” ujar Sofyan Edi Jarwoko.

BACA JUGA:Buka FORKOT 1 Kota Malang, Pj Wali Kota Wahyu Apresiasi KORMI dan Support Menuju FORDA 2 Jatim

BACA JUGA:Buka Lomba PORGATSI FORKOT 1 Kota Malang, Ketum KORMI: Olahraga Mampu Tangkal Pengaruh Narkoba

PORTINA memiliki peran penting melestarsikan olahraga tradisional agar tetap berkembang di tenagh masyarakat, sekaligus untuk mencari bibit pegiat berprestasi yang siap turun di berbagai event.

“Semoga kita sebagai bagian dari pelestari olahraga tradisional dan anak-anak muda yang tergabung di PORTINA harus tetap semangat,” harapnya.

KORMI dalam memajukan olahraga masyarakat tidak sendiri, Sofyan Edi menegaskan telah mendapatkan dukungan penuh dari Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat yang harapannya tingkat kebugaran dan kesehatan masyarakat semakin baik.

Sumber: