Kantah Sidoarjo Buka Layanan Sabtu Minggu, Begini Kata Warga Sidokare

Kantah Sidoarjo Buka Layanan Sabtu Minggu, Begini Kata Warga Sidokare

Suasana pelayanan Akhir pekan pada hari minggu kemarin di Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo. -Biro Sidoarjo-

SIDOARJO, MEMORANDUM - Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo, tak pernah berhenti berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat. Salah satunya memberikan kesempatan bagi warga Sidoarjo yang kesulitan mengurus layanan pertanahan pada jam kerja.

BACA JUGA:Enam Kades di Sugio Lamongan Diperiksa Inspektorat, Ada Apa? 

Guna mengoptimalkan pelayanan pengurusan pertanahan pada akhir pekan, Kantah Sidoarjo membuka pelayanan khusus di hari Sabtu dan Minggu. Tujuannya untuk membantu masyarakat yang baru bisa mengurus sertifikat di hari tersebut.

BACA JUGA:Sindikat Pencuri Pikap di Gresik Dibekuk di Madura 

"Latar belakang dibukanya PELATARAN atau Pelayanan Tanah Akhir Pekan, karena animo masyarakat di Sidoarjo sangat besar terkait permohonan urusan pertanahan, dengan sekitar 11.000 WIB permohonan berkas per bulan. Untuk melayani permohonan tersebut, kami melaksanakan PELATARAN di Hari Sabtu dan Minggu," ujar Saksono Budi Hartono, Kepala Subbagian Tata Usaha Kantor Pertanahan Sidoarjo, Senin 8 Juli 2024 seperti dirilis oleh Humas Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo.

 

BACA JUGA:Polres Malang Belum Terapkan BPJS sebagai Persyaratan Permohonan SIM 

Masih kata Saksono, pelayanan pada Sabtu dan Minggu berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB, dan hanya untuk pemohon asli tanpa surat kuasa.

BACA JUGA:Sidang Dugaan Korupsi Pemotongan Dana Insentif ASN BPPD Sidoarjo, Oknum Jaksa Terima Rp 400 Juta 

"Layanan ini ditujukan bagi pemohon yang tidak bisa hadir pada hari kerja, Senin sampai Jumat," sambung Saksono.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Batu Support Produksi Kopi 

Program PELATARAN, yang sudah berjalan sejak 2023 itu, mampu melayani hingga 40 permohonan setiap akhir pekan. Saksono menambahkan bahwa jenis layanan yang diberikan pada akhir pekan tidak berbeda dengan hari kerja biasa, sebagai bentuk pelayanan maksimal kepada masyarakat.

BACA JUGA:Tampil Dibawah Standar Pemain Bintang, Mbappe Dibela Deschamps 

Layanan pertanahan akhir pekan akan terus dilaksanakan kecuali pada hari libur keagamaan atau libur nasional. Bagi pegawai yang bertugas pada akhir pekan, mereka akan menerima honor lembur sesuai kebijakan yang ada sebagai bentuk kesejahteraan dan hak pegawai.

BACA JUGA:Gagal Cetak Gol di Euro 2024, Ronaldo Belum akan Pensiun 

"Bagi masyarakat Sidoarjo yang memiliki permasalahan pertanahan, harap hadir untuk mendaftarkan diri tanpa surat kuasa. Jika tidak bisa hadir pada hari kerja, bisa hadir pada hari Sabtu dan Minggu dalam Program PELATARAN antara pukul 08.00 WIB pagi hingga 12.00 WIB," kata Saksono.

BACA JUGA:Pendamping PKH Kendalikan Bantuan Permakanan, Kabid Rehsos Dinsos Lamongan: Tidak Betul 

Tugino, warga Desa Sidokare, Kecamatan Sidoarjo, yang berprofesi sebagai guru, mengaku sangat terbantu dengan adanya program ini karena memiliki waktu terbatas pada hari kerja.

BACA JUGA:Cabup Jember Gus Fawait Apresiasi Penerimaan Calon Anggota Polri Gunakan Sistem BETAH dan Gratis 

"Inovasi ini sangat bagus, sangat diperlukan pada Sabtu-Minggu karena banyak warga yang libur dan bisa mengurus sendiri," katanya.

BACA JUGA:Turnamen Bulutangkis Antar-Media Piala Kapolda Jatim Sekaligus Deklarasi Pilkada Aman dan Damai Wartawan Jatim 

Senada dengan itu, Timbul Guntoro, warga Permata Candi Loka, Desa Balonggabus, Kecamatan Candi, yang bekerja sebagai karyawan swasta, merasa sangat terbantu dengan program ini dalam mengurus peningkatan status tanah dari Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) menjadi Sertifikat Hak Milik (SHM).

BACA JUGA:Penyerapan Anggaran Capai Target, Hendro Tri Prasetyo: Pertahankan, Jadikan Maluku Sentral Indonesia Timur 

"Pelayanan pada Sabtu dan Minggu ini sangat membantu kami yang bekerja, dengan pelayanan mulai dari jam 8 sampai jam 12 siang," ujarnya.

BACA JUGA:Polres Madiun Kota Terjunkan Ratusan Personel Amankan Bulan Suro 

Sementara itu, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Lampri, mengatakan bahwa program ini telah diluncurkan sejak 2022 untuk membantu masyarakat dalam pengurusan administrasi pertanahan pada akhir pekan.

BACA JUGA:Polres Situbondo Dalami Pengiriman Kendaraan Bodong via Pelabuhan Jangkar 

"PELATARAN memudahkan masyarakat yang sibuk pada hari kerja untuk tetap bisa mengurus sertifikat dan urusan pertanahan lainnya di akhir pekan," ujar mantan Kepala Kantor Pertanahan Kota Surabaya II ini.

BACA JUGA:Sikat 38 Penjahat Selama Operasi Sikat Semeru, Polres Tulungagung Masuk 8 Terbaik se-Polda Jatim 

PELATARAN utamanya diimplementasikan pada kantor pertanahan di ibu kota provinsi dan kantor dengan rata-rata jumlah pelayanan di atas 2.000 berkas per bulan. Terdapat 107 kantor pertanahan di 33 provinsi yang membuka layanan akhir pekan.

BACA JUGA:Wakapolres Kediri Pimpin Apel Jam Pimpinan Sampaikan Sejumlah Poin Penting 

"Masyarakat dapat mengurus sertifikat dan administrasi pertanahan lainnya pada hari Sabtu-Minggu mulai pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat," tambah Lampri. (*)

Sumber: