Coklit Data Pemilih di Kabupaten Pasuruan Capai 68,39 Persen

Coklit Data Pemilih di Kabupaten Pasuruan Capai 68,39 Persen

Petugas pantarlih menempelkan stiker tanda sudah dilakukan pendataan di rumah warga.-Biro Pasuruan-

PASURUAN, MEMORANDUM - Tahap pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan mengalami perkembangan. Hingga Kamis 4 Juli 2024, coklit data pemilih untuk Pemilu 2024 telah mencapai 68,39 persen.

BACA JUGA:Kadin Kota Surabaya Jajaki Kerja Sama Strategis dengan DPD Golkar

Hal ini dinyatakan Fatimatus Zahro, Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Pasuruan. Zahro menyampaikan optimismenya bahwa coklit mampu diselesaikan tepat waktu, yakni sebelum 24 Juli 2024.

BACA JUGA:Bawaslu Petakan Kerawanan dalam Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada Jember 2024

"Dengan kerja keras Pantarlih dan dukungan masyarakat, kami yakin coklit dapat berjalan lancar dan menghasilkan data pemilih yang akurat," ujar Zahro di Kantor KPU di Kelurahan Pogar Bangil, Jumat 5 Juli 2024.

Zahro mengungkapkan bahwa hingga saat ini, belum ada kendala berarti yang dihadapi dalam proses coklit.

BACA JUGA:Ini Pengakuan Penjambret yang Tewaskan Mahasiswi UINSA

"Secara umum, coklit berjalan lancar. Petugas Pantarlih bekerja dengan semangat dan profesional," tambahnya.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk membantu kelancaran coklit dengan memberikan data yang benar kepada petugas pantarlih.

BACA JUGA:KIM Desa Lumajang Naik Peringkat dalam Top Konten Website KIM Nasional

“Mari kita dukung coklit agar data pemilih lebih akurat dan mutakhir. Berikan data yang benar kepada petugas Pantarlih," harapnya.

Guna menjaga akurasi data pemilih, KPU Kabupaten Pasuruan telah melakukan berbagai upaya untuk memastikan coklit berjalan dengan lancar dan menghasilkan data pemilih yang akurat. Berbagai upaya yang dilaksanakan tersebut diantaranya, melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya coklit. Memberikan pelatihan kepada petugas Pantarlih, dan melakukan pengawasan terhadap jalannya coklit.

BACA JUGA:Rektor UINSA Ungkap Korban Seorang Aktivis dan Pekerja Keras

Pihak KPU juga menyediakan kanal pengaduan bagi masyarakat yang ingin melaporkan jika belum didatangi oleh petugas pantarlih. Pihak KPU Kabupaten Pasuruan berharap masyarakat dapat membantu kelancaran coklit dengan memberikan data yang benar kepada petugas pantarlih.

BACA JUGA:Polda Jatim Bekuk 2 Penjambret yang Tewaskan Mahasiswi, Brigjenpol Totok: Tersangka Residivis

Dengan data pemilih yang akurat, diharapkan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas. (*)

Sumber: