Dukung Kesetaraan Kesempatan Pendidikan, TPS Bantu Fasilitas Unit Pelayanan ABK

Dukung Kesetaraan Kesempatan Pendidikan,  TPS Bantu Fasilitas Unit Pelayanan ABK

Melepas stiker penutup nama ruangan secara simbolis. -Muchlis Darmawan-

SURABAYA, MEMORANDUM - Sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan, utamanya bagi Anak Berkebutuhan Khusus, PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) membantu perbaikan ruang terapi di Unit Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Kabupaten Gresik.

BACA JUGA:HUT Ke-6 Memorandum.co.id, Support dari PT Terminal Teluk Lamong Surabaya dan PT Terminal Petikemas Surabaya 

“Pendidikan menjadi salah satu program prioritas TJSL TPS yang di emban sebagai salah satu Program Bhakti BUMN, guna mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) nomor 4, yaitu mencapai pendidikan yang berkualitas yang selaras dengan program Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Bappenas)”, ungkap Wahyu Widodo, Direktur Utama TPS menjelaskan pertimbangan TPS dalam menyampaikan bantuan ini, Rabu 3 Juli 2024.

BACA JUGA:PT Terminal Petikemas Surabaya Berikan Karangan Bunga HUT Ke-54 SKH Memorandum 

Anak berkebutuhan khusus punya hak yang sama untuk mendapatkan akses pendidikan yang layak sesuai kebutuhannya.

“TPS berharap fasilitas ini dapat membantu anak-anak berkebutuhan khusus dalam meraih pendidikan yang layak dan meningkatkan potensi mereka,” imbuh Wahyu Widodo.

BACA JUGA:Dukung Pemulihan Ekonomi di Terminal Petikemas Surabaya, Kajati Jatim Kunjungi TPS Tanjung Perak 

Sementara itu, Renyta Yuniarti Ningtyas, Kepala UPT Layanan Pendidikan ABK Gresik, mengatakan bahwa bantuan renovasi ruang terapi ini sangat membantu operasional pelayanan. Dengan adanya fasilitas ruang terapi yang memadai, pihaknya dapat mengoptimalkan terapi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak.

“Kami berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut dan semakin banyak anak-anak berkebutuhan khusus yang mendapatkan manfaatnya," ujar Renyta.

Reny mengatakan, UPT Layanan Pendidikan ABK Gresik menjadi pusat pengembangan pendidikan inklusif di Kabupaten Gresik sejak 2013. Sebagai lembaga yang fokus pada pelayanan terapi, deteksi dini, dan rehabilitasi untuk anak berkebutuhan khusus, UPT ini memiliki peran penting dalam memberikan pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak tersebut.

BACA JUGA:Berdayakan Masyarakat, Program CSR Pelindo Terminal Petikemas Raih Apresiasi 

“Dukungan dari berbagai pihak seperti TPS melalui program TJSL menjadi dorongan dan motivasi tambahan bagi UPT Layanan Pendidikan ABK Gresik untuk terus meningkatkan kualitas layanan yang diberikan,” tuturnya.

Di kesempatan lain, dukungan TPS pada pendidikan inklusi juga diwujudkan dalam bentuk pemberian bantuan berupa peningkatan kompetensi guru dan sarana belajar di Sekolah Yayasan Inklusi Yayasan Az-Zaki Sawahan Baru, Surabaya.

BACA JUGA:Pelindo Integrasikan Sistem Pembayaran Jasa di 4 Terminal Petikemas 

Melalui pelatihan kompetensi tersebut, guru-guru akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan dalam mengajar anak-anak berkebutuhan khusus, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lebih efektif dan inklusif. (*)

Sumber: