Sambangi Kabupaten Tulungagung, KPK Soroti Sejumlah Hal di Lingkup Pemkab

Sambangi Kabupaten Tulungagung, KPK Soroti Sejumlah Hal di Lingkup Pemkab

Pj Bupati Heru Suseno-Biro Tulungagung-

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Luncurkan Pusat Pembelajaran Kualitas Kebijakan Publik, Puja Kanda

Alvi mengungkapkan, Pemkab Tulungagung beralasan rendahnya nilai SPI tidak terlepas dari minimnya sosialisasi program dan kemudahan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

"SPI memang jadi PR Tulungagung, karena hasilnya masih rentan korupsi. SPI itu ditanya kepada masyarakat, internal, eksternal dan ekspert dan jawabannya belum menggembirakan. Tadi Sekda bilang ini mungkin karena kurang sosialisasi, kalau mau dilihat berintegritas betul memang berintegritas dan kabarkan kepada masyarakat soal integritas ini," jelasnya.

Alvi mengingatkan, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian Pemkab Tulungagung. Yakni efektivitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah ( APIP) yang dinilai kurang maksimal.

Pihaknya menyebut, memang ada kendala soal jumlah personel APIP yang tidak memadai dan alokasi anggaran yang minim dengan segala pertimbangannya. Kendati demikian pihaknya yakin, APIP yang kuat akan bisa mencegah potensi terjadinya korupsi di lingkup Pemkab Tulungagung.

"Namun kami mengapresiasi hari ini pak PJ dan pak Sekda merencanakan 9 rencana aksi akan dicatat dan harap dibantu dikawal tindak lanjutnya," pungkasnya.(fir/fai)

Sumber: