Ambrol Diterjang Banjir, Pemkab Jember Lebarkan Jembatan Kemuningsari Lor-Badean Jadi 5 Meter

Ambrol Diterjang Banjir, Pemkab Jember Lebarkan Jembatan Kemuningsari Lor-Badean Jadi 5 Meter

Bupati Hendy Siswanto pantau pembangunan jembatan-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Jembatan Kemuningsari Lor-Badean di Jember, Jawa Timur, yang rusak akibat banjir tahun 2021 dan 2022, kini tengah diperbaiki oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember.

Bupati Jember, Hendy Siswanto, meninjau langsung proses perbaikan jembatan tersebut pada Senin 1 Juli 2024. Dalam peninjauannya, Hendy mengungkapkan bahwa jembatan tersebut akan dilebarkan dari 3 meter menjadi 5 meter.

“Jembatan ini akan kami lebarkan selebar 5 meter, sebelumnya hanya 3 meter,” ujar Hendy.

Hendy menjelaskan, pelebaran jembatan ini dilakukan untuk mengantisipasi debit air sungai yang semakin besar akibat munculnya aliran sungai baru pasca banjir 2021 dan 2022.

BACA JUGA:Bupati Hendy Tinjau Pembangunan Jalan Bande Alit, Pastikan Selesai Tepat Waktu

“Akibat tertahannya debit air yang besar, dan sejumlah material yang terhalang mengakibatkan sejumlah rumah terdampak,” jelas Hendy.

Lebih lanjut, Hendy menuturkan bahwa bronjong yang sebelumnya dibuat untuk meminimalisir kerusakan baru, ternyata tidak mampu bertahan lama akibat terjangan banjir.

“Untuk itu, ini segera kami siapkan yang baru sehingga bisa memberikan keamanan untuk warga sekitar. Kontrak pengerjaan selama lima bulan, harapannya malah lebih cepat. Empat bulan bisa segera selesai,” tandasnya.

Salah satu warga setempat, Sahrawi, menyambut baik perbaikan jembatan ini. Ia berharap dengan dilebarkannya jembatan, aliran air sungai akan semakin lancar dan tidak lagi menyebabkan banjir.

BACA JUGA:Bupati Jember Apresiasi Gelaran Fun Bike dan Jalan Santi di Perayaan HUT Ke-78 Bayangkara di Alun-Alun

“Alhamdulillah, jembatannya diperbaiki. Semoga dengan jembatan yang baru ini, air tidak lagi meluap dan tidak ada lagi banjir,” kata Sahrawi.

Perbaikan Jembatan Kemuningsari Lor-Badean ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Jember untuk menanggulangi dampak banjir dan meningkatkan infrastruktur di wilayahnya.(edy)

Sumber: