Euro 2024: Spanyol dan Italia Lolos, Kroasia Harap-Harap Cemas

Euro 2024: Spanyol dan Italia Lolos, Kroasia Harap-Harap Cemas

Mattia Zaccagni mencetak gol penyeimbang pada menit ke-98 dan memastikan tempat di fase selanjutnya.-IG Azzuri.-

MEMORANDUM-Italia dan Spanyol melangkah ke babak 16 besar Euro 2024. Spanyol menang 1-0 atas Albania dan menjadi juara grup. Sedangkan Italia lolos sebagai runner up. Lolosnya Italia bahkan ditentukan di menit injury time babak kedua.

Mattia Zaccagni mencetak gol penyeimbang pada menit ke-98 dan memastikan tempat di fase selanjutnya.

Italia selanjutnya akan menghadapi Swiss, yang menempati posisi kedua grup mereka setelah bermain imbang 1-1 dengan Jerman pada Senin dinihari 24 Juni 2024.

BACA JUGA:Mandul, Ronaldo Masih Jadi Magnet di Euro 2024, Empat Kali Laga Dihentikan karena Fans Masuk Lapangan

Luka Modric memberi Kroasia keunggulan pada menit ke-55, beberapa saat setelah gagal mengeksekusi penalti, dan itu tampak seperti membuat mereka lolos sebelum pemain pengganti Zaccagni melakukan penyelesaian menakjubkan melewati upaya Dominik Livakovic.

“Itu sangat menegangkan, kami terus berjuang hingga akhir,” kata Modric usai pertandingan seperti dilansir ESPN. "Tetapi sepak bola tidak kenal ampun terhadap kami malam ini, itu kejam. Sulit ketika Anda kalah seperti ini untuk menggambarkan perasaan Anda. Dewa sepak bola tidak selalu tersenyum kepada Anda, namun kami harus bangkit kembali,” ungkapnya.

Hasil ini membuat Italia menduduki peringkat kedua di Grup B dengan empat poin, sedangkan Kroasia berada di peringkat ketiga, namun mereka kini harus menunggu dengan cemas untuk melihat apakah dua poin akan cukup untuk membawa mereka lolos ke babak sistem gugur sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

BACA JUGA:Asa Pendukung Jerman Terjaga, Jadi Tim Pertama yang Lolos Sistem Gugur Euro 2024

Spanyol, yang menduduki puncak klasemen, mengalahkan Albania 1-0 untuk menyelesaikan dengan rekor sempurna dalam tiga pertandingan mereka dan membuat tim Albania yang tersingkir itu berada di posisi terbawah dengan satu poin.

Kekalahan Albania juga mendorong tim-tim yang tidak beraksi ke babak 16 besar, dengan Inggris, Prancis dan Belanda kini dijamin finis setidaknya di antara empat tim peringkat ketiga terbaik.

Italia diguncang kekalahan dari Spanyol, yang bisa saja menjadi lebih meyakinkan dibandingkan skor 1-0, namun jika ada hiburan bagi tim asuhan Luciano Spalletti menjelang pertandingan hari Senin, Kroasia justru tampil kurang impresif di ajang tersebut.

BACA JUGA:Arda Guler Pemain Real Madrid Catat Sejarah sebagai Pencetak Gol Termuda di Euro 2024

“Ada hal-hal yang terjadi dalam pertandingan kami yang tidak masuk akal, tetapi kami perlu memanfaatkan kualitas yang dimiliki para pemain dan menempatkan mereka dalam posisi untuk mengekspresikan diri mereka sebaik mungkin,” kata Spalletti pelatih Italia.

"Kami melewati babak penyisihan grup dengan prestasi yang baik. Sekarang kami akan memiliki kesempatan untuk memikirkan pertandingan berikutnya,” jelasnya.

Sumber: