HUT Ke-78 Bhayangkara, Wakapolda Jatim Pimpin Ziarah ke TMP 10 November

HUT Ke-78 Bhayangkara, Wakapolda Jatim Pimpin Ziarah ke TMP 10 November

Wakapolda Jatim Brigjenpol Akhmad Yusep Gunawan menaburkan bunga ke makam pejuang kemerdekaan. -Farid Al Jufri-

SURABAYA, MEMORANDUM - Memperingati Hari Bhayangkara ke-78, Polda Jatim berziarah ke taman makam pahlawan (TMP) yang dipimpin Wakapolda Jatim Brigjenpol Akhmad Yusep Gunawan bersama para pejabat utama (PJU) Polda Jatim didampingi para Bhayangkari.

BACA JUGA:Kadin Surabaya Bersama PDI-P Kolaborasi Bangun Potensi Ekonomi Perkotaan 

Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Dirmanto mengatakan ziarah ke makam pahlawan ini juga dilaksanakan serentak oleh seluruh polres, polresta/tabes yang ada di jajaran Polda Jatim.

BACA JUGA:Mengapa Mencuci Daging Sapi sebelum Dimasak Justru Berbahaya? 

"Seluruh polres yang ada di jajaran Polda Jatim hari ini juga melaksanakan ziarah ke taman makam pahlawan yang ada di wilayah masing-masing," kata Kombespol Dirmanto di TMP 10 November Surabaya, Senin 24 Juni 2024.

BACA JUGA:DPRD Kota Malang Setujui Raperda Pertanggungjawaban APBD 2023 

Ziarah ini sekaligus untuk mengenang dan memaknai perjuangan pahlawan Polri dalam meraih kemerdekaan RI pada masa penjajahan.

BACA JUGA:Juara Grup, Jerman Pertahankan Momentum Tak Terkalahkan di Penyisihan Grup 

"Ziarah di TMP 10 November di Jalan Mayjen Sungkono ini sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-78 pada 1 Juli 2024," jelasnya.

BACA JUGA:Kantor Pertanahan ATR/ BPN Tulungagung Dukung Kemudahan Pengurusan Sertifikat Tanah Wakaf 

Napak tilas perjuangan pahlawan Polri ini dilaksanakan dengan melakukan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur dengan mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga hingga prosesi penaburan bunga ke pusara pejuang kemerdekaan.

BACA JUGA:PDIP Beri Rekom Eri-Armuji, Pengamat: Langkah Berani 

Selain itu Polda Jatim juga melaksanakan tabur bunga di Dermaga Tanjung Perak yang dipimpin Irwasda Polda Jatim Kombespol Moffan Moedji Kawanti.

BACA JUGA:Melalui Program Reforma Agraria, Masyarakat Terdampak Konflik Sambas Kini Bisa Punya Sertipikat Tanah 

"Kami kemari untuk mendoakan para pendahulu dan mengenang jasa-jasa para pahlawan saat memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia," ujarnya.

BACA JUGA:Bhabinkamtibmas Kalijudan Polsek Mulyorejo Imbau Satpam Sekolah Waspada Curanmor 

Kabidhumas menyebut di TMP tersebut ada 145 pahlawan dari kepolisian yang dimakamkan dan perjuangan para pahlawan diharapkan bisa menginspirasi para anggota dalam melaksanakan tugas.

BACA JUGA:Meresahkan, WN Malaysia Dideportasi dari Tulungagung 

"Semoga seluruh anggota Polri khususnya Polda Jatim dapat meneguhkan hati membulatkan tekad untuk menjadi Bhayangkara sejati," pungkas Kombespol Dirmanto. (*)

Sumber: