Perpaduan Pemain Muda dan Tua, Mampukah Nagelsmann Bawa Jerman Juara di Euro 2024?

Perpaduan Pemain Muda dan Tua, Mampukah Nagelsmann Bawa Jerman Juara di Euro 2024?

Florian Richard Wirtz dan Jamal Musiala merayakan gol ke gawang Skotlandia.-IG timnas Jerman.-

MEMORANDUM-Jerman mungkin memiliki pelatih termuda di Kejuaraan Eropa, tetapi mereka juga memiliki skuad tertua. Mampukah pelatih Julian Nagelsmann meramu tim menjadi kekuatan dahsyat di Euro 2024 sekaligus juara di kandang?

Banyak yang telah dilakukan oleh Julian Nagelsmann dalam mengantarkan generasi baru talenta menarik seperti Florian Wirtz (21), Jamal Musiala (21) dan Kai Havertz (25) membawa Skotlandia unggul dalam kemenangan 5-1 Jerman di pembukaan Euro 2024.

Namun, berdasarkan rata-rata usia tim, Jerman merupakan grup tertua di turnamen tersebut, dengan 10 dari 26 anggotanya berusia 30 tahun atau lebih.

Kemenangan pada hari Rabu di Stuttgart dapat membuat Jerman mendapatkan tempat di babak sistem gugur dan Nagelsmann mengatakan perpaduan antara bintang-bintang veteran dan talenta muda dapat membawa negara tuan rumah maju.

BACA JUGA:Banyak Debutan! Inilah 26 Pemain Tim Tuan Rumah Jerman Untuk Euro 2024

“Kami harus mencari solusi baru karena kami adalah skuad tertua, kami perlu memiliki lebih banyak pemain muda di masa depan. Namun untuk turnamen ini, ini adalah perpaduan yang sempurna dan kami bisa sangat sukses,” ujarnya seperti dilansir ESPN.

“Selalu menyenangkan untuk memiliki perpaduan yang baik di tim Anda antara pemain berpengalaman dan pemain muda bertalenta,” kata Nagelsmann menjelang pertandingan kedua timnya di Euro 2024, melawan Hungaria. 

Kata Nagelsmann, penting bagi para pemain muda untuk berpikiran terbuka, mendengarkan pemain tua yang berpengalaman, untuk berkembang.

"Kami memiliki beberapa pemain berpengalaman di skuad. Mereka semua mengalami situasi yang berbeda, memiliki solusi untuk situasi yang berbeda, terutama ketika Anda berbicara tentang tekanan, ketika Anda berbicara tentang situasi yang harus dihadapi di dalam dan di luar lapangan,” bebernya.

BACA JUGA:Memorak-porandakan Skotlandia, Kross Sampaikan Semangat Kuat Jerman sebagai Tuan Rumah

Menariknya, kiper Jerman Manuel Neuer berusia 38 atau dua tahun lebih tua dari pelatihnya. Toni Kroos dan Thomas Muller keduanya berusia 34 tahun, dan kapten Ílkay Gundogan hanya setahun lebih muda.

Kroos mengumumkan bulan lalu bahwa dia akan pensiun pada akhir Euro 2024 dan dia tampaknya akan pensiun dari sepak bola dengan penampilan yang sama bagusnya dengan tahap lain dalam karirnya yang gemerlap.

Pemenang Liga Champions enam kali bersama Real Madrid kembali menampilkan operan kelas atas saat melawan Skotlandia. Dia melakukan 102 operan, lebih banyak dari pemain lain di lapangan dan hanya satu kali salah sasaran.

BACA JUGA:Dipecat Timnas Jerman, Hansi Flick Direkrut Barcelona

Sumber: