Jumlah Hewan Kurban Jatim Meningkat, Pj Gubernur: Ekonomi Membaik Seiring Peningkatan Kesalehan Sosial

Jumlah Hewan Kurban Jatim Meningkat, Pj Gubernur: Ekonomi Membaik Seiring Peningkatan Kesalehan Sosial

Pj Gubernur Adhy Karyono melihat sapi kurban usai Salat Iduladha di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Penjabat Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menjalankan Salat Iduladha di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Senin 17 Juni 2024, pagi. Selepas salat, Pj Gubernur Adhy turut menyerahkan secara simbolis sapi kurban Presiden RI Joko Widodo kepada Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur yang diterima oleh H Imam Basori MM, Ketua Badan Pengelola Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur.

Kemudian Pj Gubernur Jatim juga menyerahkan sapi kurban kepada Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya yang diterima oleh HM Arum Sabil selaku Dewan Pembina Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Juga dilakukan penyerahan sapi kurban Ketua DPRD Jatim diserahkan kepada Masjid Al Fattah Menganti Gresik, sapi kurban Pangdam V/Brawijaya, kurban sapi Kapolda Jatim, dan sapi kurban dari Pangkoarmada II di tempat yang sama.

BACA JUGA:Peringati Dhammasanti Waisak 2568 BE, Pj Gubernur Ajak Umat Budha Perkuat Moderasi

Diketahui, Sapi milik Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono yang diserahkan berjenis Peranakan Ongole berusia 5 tahun dengan berat 950 kg. Sapi ini dibeli dari peternak asal Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Subandi.

Sedangkan Sapi Presiden Jokowi yang dikurbankan tahun ini dibeli dari peternak asal Desa Takerharjo, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan bernama Teguh. Sapi tersebut berjenis Peranakan Ongole berumur 5 tahun. Berat sapi sendiri sebesar 1.010 kilogram atau 1,01 ton.

Lebih lanjut Adhy mengatakan bahwa jumlah hewan kurban di Jawa Timur bertambah pada hari raya Iduladha tahun ini. Hal ini menunjukkan kondisi ekonomi yang membaik seiring dengan meningkatnya kesalehan sosial masyarakat.

BACA JUGA:Jatim Peringkat 3 Penghasil Migas Nasional, Pj Gubernur Tekankan Pentingnya Manajemen Rantai Pasok

Jumlah hewan kurban di Jawa Timur pada tahun ini mencapai 434.843 ekor yang terdiri dari sapi, kambing, dan domba. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 24 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 349.771 ekor hewan kurban. 

"Alhamdulillaah tahun ini untuk kurban hewan kurban yang dijadikan kurban oleh masyarakat ini bertambah jumlahnya. Ini menunjukkan bahwa kondisi ekonomi di Jawa Timur cukup baik juga dibarengi dengan tingkat ketakwaan dan tingkat kesalehan umat Islam yang menunaikan ibadah haji dan kurban," katanya. 

Khusus di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya sendiri, tahun ini total menerima hewan kurban sebanyak 25 ekor sapi dan 47 ekor kambing. Sementara di Masjd Raya Islamic center menerima 64 ekor sapi.

Seluruh hewan kurban yang diserahkan Pemprov Jatim telah mendapatkan sertifikat vaksinasi dan terhindar dari penyakit hewan menular strategis. Semua hewan kurban dipastikan dalam keadaan sehat.

"Seluruh hewan kurban yang dipilih oleh masyarakat sudah lolos sertifikasi, kemudian vaksinasi dan dipastikan tidak ada penyakit-penyakit," ungkapnya.

BACA JUGA:Ground Breaking Gedung Sekretariat Bersama Kelembagaan Hindu Jatim, Ini Pesan Pj Gubernur

Ia juga berharap pembagian hewan kurban kepada masyarakat juga kan berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga semua masyarakat yang berhak akan menerima daging kurban.

Sumber: