Prihatin Marak Kasus Pelecehan Seks Terhadap Anak, Mahasiswa KKN UPN Veteran Jatim Berikan Edukasi Penanganan

Prihatin Marak Kasus Pelecehan Seks Terhadap Anak, Mahasiswa KKN UPN Veteran Jatim Berikan Edukasi Penanganan

Mahasiswa KKN Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UPN Veteran Jatim melakukan kunjungan ke Yayasan Al Kahfi di Jalan Margobawero, Kecamatan Taman, Kota Madiun.-Biro Madiun-

MADIUN, MEMORANDUM - Upaya memberikan edukasi kepada anak-anak dilakukan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UPN “Veteran” Jatim. Beberapa hari lalu mereka melakukan kunjungan ke Yayasan Al Kahfi yang berada di Jalan Margobawero, Kecamatan Taman, Kota Madiun. 

BACA JUGA:Semarak HUT Kota Mojokerto, Mas Pj Ikuti Lomba Kampung Bersama Warga 

Pemberian edukasi dikemas dalam kegiatan belajar mengajar sambil bermain bersama anak-anak Yayasan Al Kahfi yakni terkait dengan upaya preventif dan represif kasus pelecehan seksual di kalangan anak-anak.

BACA JUGA:Polres Gresik dan Rutan Kelas IIB Bangun Sinergi Perkuat Keamanan dan Pelayanan Publik 

Staf Yayasan Al Kahfi, Sugianto mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program Magang MBKM dari mahasiswa UPN “Veteran” Jatim atas keprihatinan kasus pelecehan yang terjadi pada anak-anak usia dini.

BACA JUGA:Jelang Hari Raya Iduladha, Pemkab Jember Geliatkan Pasar Murah 

"Kegiatan belajar mengajar dihadiri 40 anak usia 7-14 tahun yang berasal dari kalangan TK-SMP," kata dia.

BACA JUGA:Catut BUMN untuk Buka Loker, Warga Manyar Diadili 

Adapun,  materinya yaitu tentang pengenalan anggota tubuh yang tidak boleh disentuh oleh orang lain dan cara pencegahan serta penanganannya apabila terjadi tindak pelecehan seksual.

BACA JUGA:Polres Kediri Rutin Adakan Binrohtal Bentuk Karakter Anggota Lebih Humanis 

"Juga terdapat kegiatan mengasah kreativitas seperti membuat origami, dilanjut dengan permainan serta pembagian hadiah," ujarnya.

BACA JUGA:Belasan Tiang Utilitas Provider di Jalan Karet Dibongkar Satpol PP Surabaya 

Dengan adanya kegiatan ini, dia berharap dapat memberikan wawasan serta manfaat pada anak-anak Yayasan Al Kahfi, kemudian dapat diimplementasikan di dunia nyata. Sehingga tindak pelecehan seksual di kalangan anak-anak dapat terus dicegah dan menurun jumlahnya.

 BACA JUGA:Puskesmas Sumbersari Gandeng Posyandu, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Gelar Fogging Cegah Penyebaran DBD

"Anak-anak juga kelihatan sangat senang dan antusias atas kedatangan mahasiswa Tim KKN MBKM UPN Veteran Jatim," pungkasnya. (*)

Sumber: