Antisipasi Penyelundupan, Polisi Periksa Kendaraan dan Barang di Pelabuhan Jangkar Situbondo

Antisipasi Penyelundupan, Polisi Periksa Kendaraan dan Barang di Pelabuhan Jangkar Situbondo

Personel Satpolairud Polres Situbondo memeriksa kendaraan dan barang di Pelabuhan Jangkar. -Biro Situbondo-

SITUBONDO, MEMORANDUM - Satpolairud Polres Situbondo memeriksa kendaraan dan barang yang akan menyeberang ke pulau Raas Madura. Operasi Sikat Semeru 2024 ini, untuk mengantisipasi kriminalitas. Seperti penyelundupan barang berbahaya melalui jalur perairan dan pelabuhan, serta memelihara keamanan dan ketertiban di area pelabuhan.

BACA JUGA:Pria Sidoarjo Ditemukan Tewas di Kamar Hotel Wonokerto 

Personel Satpolairud melakukan pemeriksaan semua kendaraan yang boarding pass, tidak hanya barang bawaan akan tetapi surat kendaraan juga diperiksa di pintu masuk Pelabuhan Jangkar Kabupaten Situbondo, Rabu 12 Juni 2024.

BACA JUGA:Musim PPDB, Ratusan Wali Murid Mengantre di Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung 

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rahkmanto SIK SH MH melalui Kasatpolairud Polres Situbondo AKP Gede Sukarmadiyasa mengatakan, Satpolairud melaksanakan kegiatan pencegahan aksi kriminalitas dalam rangka Operasi Sikat Semeru 2024 khususnya di wilayah perairan dan pelabuhan guna mewujudkan kamtibmas yang kondusif.

BACA JUGA:Irjen Kemensos dan Satgassus Polri ke Lamongan Monev Program BPNT dan PKH Bukan Penggeledahan 

Di pintu masuk pelabuhan, semua pikap yang memuat barang barang paket maupun sembako dilakukan pemeriksaan karena dikawatirkan membawa barang barang terlarang dan atau ilegal.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Luncurkan Aplikasi Si-Trust, Pertama di Jatim 

Beberapa barang atau paket yang telah terbungkus dus dan styrofoam yang diangkut pikap juga dibuka guna memastikan bahwa barang tersebut legal dan tidak berbahaya.

BACA JUGA:Fakta Sidang Bartender Cruz Lounge Vasa Hotel, Ternyata Sering Minuman Beralkohol saat Manggung 

Tidak hanya di lokasi boarding pass yang dilakukan pengecekan kendaraan namun kendaraan yang akan masuk kapal atau di rampdoor kapal juga dihentikan dan diperiksa serta pencocokan tiket dengan identitas penumpang, hal ini dilakukan untuk penertiban manifest penumpang dan kendaraan atau barang.

BACA JUGA:Dituntut 3 Tahun Penjara, Terdakwa Sopir Honda WRV Maut di Gresik Menangis 

"Saat ini masih berlangsung operasi Sikat Semeru 2024 dengan salah satu sasaran adalah penyelundupan dan pencurian di wilayah perairan dan pelabuhan. Maka untuk antisipasi hal tersebut kita laksanakan kegiatan pemeriksaan di pelabuhan Jangkar yang melibatkan pihak ASDP dan TNI AL" terangnya.

BACA JUGA:Divonis 4 Bulan Penjara, 2 Eks Polisi Selingkuh Terima Putusan Hakim 

Sementara itu, Hery selaku karyawan ASDP menerangkan bahwa sangat terbantu dengan kegiatan yang dilakukan Satpolairud Polres Situbondo sehingga di pelabuhan Jangkar zero tindak pidana dan situasi menjadi aman kondusif.

BACA JUGA:Kepala Sekolah SMPN 24 Sampaikan Pesan 5 B di Acara Pelepasan Kelas 9 

"Kami dari pihak Pelabuhan sangat mendukung kegiatan Operasi Sikat Semeru yang digelar Polres Situbondo untuk mencegah aksi kriminalitas di wilayah Perairan," ungkapnya. (*)

Sumber: