Kalah 2-0 atas Irak, STY Minta Pemain Bekerja Keras di Laga Pamungkas

Kalah 2-0 atas Irak, STY Minta Pemain Bekerja Keras di Laga Pamungkas

Marselino Ferdinan dkk harus mengakui keunggulan tim tamu Irak dengan skor 2-0.--

MEMORANDUM - Sebanyak 60.245 suporter hadir di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta saat Timnas Indonesia menelan kekalahan 2-0 atas Irak di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F Zona Asia. 

Kekalahan tersebut membuat Indonesia wajib memenangkan pertandingan terakhir menghadapi Filipina pada 11 Juni 2024 mendapatkan untuk memastikan diri lolos ke ronde ketiga. 

Meski menelan kekalahan, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tetap apresiasi kerja keras para pemainnya. "Para pemain sudah bekerja keras, tetapi memang saya menyayangkan banyak hal, kekalahan ini membuat kami harus berusaha lagi," kata Shin dikutip laman resmi PSSI. 

"Kami mengawali laga dengan baik, ada beberapa kesalahan individu yang harus kami evaluasi. Semoga kami berkembang lagi ke depannya," imbuh pelatih asal Korea Selatan itu. 

BACA JUGA:Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Takluk 2-0 atas Irak, Timnas Masih Berpeluang Lolos

Untuk memastikan diri lolos ke ronde selanjutnya, tum Garuda tidak punya pilihan lain selain harus menang pada laga pamungkas Grup F melawan Filipina pada 11 Juni, untuk mengamankan posisi runner-up mendampingi Irak yang sudah twrlebih dahulu lolos. 

Saat ini Indonesia menduduki posisi kedua Grup F dengan raihan tujuh poin dari dua kemenangan, dua serixdan dua kekalahan. Indonesia hanya unggul 1 poin atas Vietnam diposisi ketiga dengan raihan 6 poin.

"Kami akan mempersiapkan tim lebih baik pastinya, kami tidak bisa mundur. Kami harus lebih bekerja keras melawan Filipina dan tentunya jadi pertandingan sulit. Tetapi para pemain harus bekerja keras, dan hari ini juga sama," tutupnya. 

Sementara itu, kapten timnas Asnawi Mangkualam Bahar meminta maaf kepada suporter dan fans karena tidka bisa mempersembahkan kemenangan di kandang

BACA JUGA:Timnas Indonesia U-23 Gagal ke Olimpiade Paris 2024 Usai Kalah 0-1 dari Guinea

“Saya mewakili seluruh pemain memohon maaf kepada suporter dan fans karena hasil ini tidak memuaskan,” ujarnya.

Meskipun taknmampu neraih kemenangan, namun timnas masih punya kans untuk lolos ke ronde ketiga, namun itu bisa diraihnya ketika berhasil menekuk Filipina, pada 11 Juni 2024 mendatang. 

“Tentunya kita masih ada satu kans melaju ke round 3. Di tanggal 11 Juni nanti kita akan berusaha semaksimal mungkin mendapatkan poin agar kita bisa melaju ke ronde berikutnya,” tuturnya.(rid)

Sumber: