Hari Lingkungan Hidup Sedunia, BPN Trenggalek Tanam 100 Pohon di Desa Wonoanti

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, BPN Trenggalek Tanam 100 Pohon di Desa Wonoanti

Kepala BPN Trenggalek Joseph Wibisono (kanan) menanam pohon.-Biro Tulungagung-

TRENGGALEK, MEMORANDUM - Dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Kantor Pertanahan ATR/BPN Kabupaten Trenggalek melaksanakan aksi penanaman 100 pohon di Sumber Air Mbah Duren, Desa Wonoanti, Kecamatan Gandusari, Rabu 5 Juni 2024.

Aksi nyata penanaman 100 pohon ini merupakan bagian dari Kegiatan Akbar Penanaman Serentak 100.000 Pohon Se-Indonesia dalam Hari Lingkungan Hidup Sedunia oleh Kementerian ATR/BPN, yang dipandu langsung oleh Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang berpusat di Kabupaten Bekasi, dan diikuti secara daring oleh seluruh 33 kantor wilayah dan 479 kantor pertanahan kota dan kabupaten seluruh Indonesia.

Pelaksanaan aksi tanam 100 pohon ini dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek, serta Pemerintah Desa Wonoanti dan Gapoktan Desa Wonoanti Kecamatan Gandusari.

“Indonesia, khususnya Kementerian ATR/BPN ingin mengambil bagian untuk menjadi champion dalam hal pelestarian lingkungan,” ujar Menteri AHY dalam sambutan pembuka.

BACA JUGA:Kantor Pertanahan Kabupaten Trenggalek Siap Dukung Implementasi Government Technology

“Kementerian ATR/BPN sebagai salah satu elemen penting dalam pemerintahan, hari ini menggalakkan secara serentak penanaman pohon sejumlah 100 ribu. Semoga menjadi habit Kementerian ATR/BPN untuk selalu menjaga dan melestarikan lingkungan,” tambah Menteri AHY.

Sementara Kepala Kantor Pertanahan ATR/ BPN Kabupaten Trenggalek, Drs. Joseph Wibisono menyampaikan dan menyambut positif aksi tanam pohon ini, serta menyiapkan 100 pohon yang terdiri dari pohon kopi, pohon beringin dan pohon tabebuya.

“Ya seperti imbauan Menteri ATR/BPN untuk menanam pohon yang mempunyai nilai guna. Kami siapkan 3 jenis pohon yang tidak hanya sekedar untuk mengindahkan, melestarikan lingkungan dan membuat hijau, tapi bisa memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat ke depan,” ujar Joseph.

Dalam kesempatan itu pihaknya berpesan kepada masyarakat agar menjaga pohon - pohon yang hari ini ditanam.

BACA JUGA:TPI Itjen Puji Pembangunan Zona Integritas Rutan Trenggalek

“Tolong nggih Pak Bu, pohonnya dijaga!. Karena satu langkah kecil ini bisa menjamin keselamatan dan keberlangsungan hidup anak cucu kita ke depan," tambah Joseph.

Joseph Wibisono juga menyatakan siap mendukung seluruh program pemerintah dalam kegiatan Pertumbuhan Ekonomi yang berkelanjutan. (fai)

Sumber: