Puluhan Peserta Antusias Ikuti Safari KB di Puskesmas Campurdarat

Puluhan Peserta Antusias Ikuti Safari KB di Puskesmas Campurdarat

Peserta Safari KB saat menjalani pemeriksaan kesehatan-Biro Tulungagung-

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Puskesmas Campurdarat Tulungagung menggelar Safari KB pada Rabu 29 Mei 2024.

Bertempat di Puskesmas Campurdarat, kegiatan yang digelar sejak pagi sampai siang itu diikuti secara antisipasi oleh 48 ibu-ibu. 

Para ibu-ibu tersebut ingin mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan dan pemasangan KB IUD maupun Implat secara gratis. 

Kepala Puskesmas Campurdarat Tulungagung, dr Niken Moerwani Yudiarti mengatakan, Safari KB ini rutin diselenggarakan dalam tiga bulan sekali. Dan kali ini pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kecamatan Campurdarat.

BACA JUGA:Puskesmas Campurdarat Sosialisasikan 3M Plus Kepada Masyarakat

"Kita rutin menggelar tiga bulan sekali. Di sini peserta akan didata dan diperiksa kondisi kesehatannya. Untuk memudahkan proses antrean, kami membedakan antara pasien umum dengan peserta program ini, sehingga tidak ada penumpukan antrean," ujarnya. 

Niken menjelaskan, Safari KB digelar untuk mengendalikan tingkat kelahiran penduduk dengan menyasar ibu-ibu yang ada di wilayah kerja Puskesmas Campurdarat. 

Masih menurut Niken, sebelum pelaksanaan kegiatan, terlebih dahulu dilakukan kegiatan Inspekulo Via Asam asetat (IVA) guna sebagai langkah awal deteksi dini kanker serviks pada ibu-ibu yang ada di wilayah kerjanya. 

"Kita juga lakukan IVA untuk deteksi dini kanker serviks pada ibu-ibu yang hari ini mengikuti Safari KB," paparnya.

BACA JUGA:DPRD Tulungagung Soroti Pasar Campurdarat dan IPAL Pasar Ikan Bandung

Pihaknya mengapresiasi masyarakat yang dengan semangat mengikuti kegiatan ini. Selanjutnya Niken berharap semakin banyak masyarakat yang mengikuti Safari KB.  

"Tujuan pemerintah mengendalikan pertumbuhan penduduk bisa tercapai," pungkasnya.(fir/fai)

Sumber: