Mendorong Investasi dan Pengembangan Wisata, Pj Wali Kota Batu Buka Event Batu Bisnis Festival 2024

Mendorong Investasi dan Pengembangan Wisata, Pj Wali Kota Batu Buka Event Batu Bisnis Festival 2024

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai saat melakukan pembukaan.-Biro Malang-

BATU, MEMORANDUM - Event Gebyar #2 Tahun Batu Bisnis Festival 2024 resmi dibuka oleh Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, Selasa 28 Mei 2024. Event ini digelar selama 5 hari, mulai Selasa 28 Mei hingga Sabtu 1 Juni 2024, di Balai Kota Among Tani, Kota Batu.

Event Dinas Pariwisata Kota Batu dan didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI ini diikuti oleh instansi pusat, provinsi, kabupaten, kota, BUMN, BUMD, swasta, hingga perguruan tinggi dan tentunya para pelaku UMKM.

Yang ditampilan meliputi pameran produk kreatif dan UMKM Kemenkop dan UKM RI, pameran produk unggulan nusantara, bisnis, investasi pariwisata, ekonomi kreatif, industri, perdagangan, olahraga, pelayanan publik, perguruan tinggi, start up, pertanian dan kesehatan.

Tujuan digelarnya Batu Bisnis Festival 2024 adalah untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap produk-produk lokal, membantu pengusaha lokal untuk mempromosikan dan memperluas pasar, menjadi wadah untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

BACA JUGA:63 ASN Pemkot Batu Terima Satya Lancana Karya Satya 2024

Digelarnya, Event ini tentunya juga sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia. "Kita harus terus mengeksplor potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang mendukung dan mendorong pengembangan pariwisata di Kota Batu," kata Kadisparta Kota Batu, Arief As Sidiq.

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai menyampaikan pada tahun 2023, Kota Batu telah mencatatkan 10 juta wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu. “Karena itu pada tahun ini, Pemkot Batu menargetkan peningkatan jumlah kunjungan wisata menjadi 11 juta wisatawan atau lebih,” ujarnya.

Selain itu, Pj Wali Kota Batu juga menyampaikan bahwa salah satu fokus utama dalam Batu Bisnis Festival adalah pengembangan wisata berbasis hutan. Kota Batu memiliki banyak kawasan hutan yang bisa dikembangkan menjadi objek wisata. “Diantaranya seperti Payung Reborn dan Sunrise Spot di Dusun Brau yang bisa dikelola menjadi destinasi wisata baru,” jelasnya.

Oleh karena itu, dalam momen ini sekaligus dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dalam pengembangan destinasi wisata antara Dinas Pariwisata Kota Batu dengan Perum Perhutani KPH Malang. “Perhutani sudah membuka pintu sebesar-besarnya untuk berinvestasi di kawasan hutan. Bayangkan jika kita kelola dengan baik, kawasan ini akan menjadi destinasi wisata baru,” Imbuh Pj Wali Kota Batu.

BACA JUGA:Sembilan Kali Berturut-turut Pemkot Batu Raih Opini WTP

Menurutnya, Pemkot Batu juga berkomitmen untuk meningkatkan investasi di sektor pariwisata dan hortikultura sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Kami memberikan penghargaan kepada investor di Kota Batu. Ini merupakan komitmen kami untuk meningkatkan investasi pariwisata dan hortikultura,” kata Pj Wali Kota Batu.

Sesuai arahan Presiden di acara peluncuran INA DIGITAL, untuk memudahkan para investor, pemerintah Kota Batu telah menerapkan sistem single windows. “Dengan single windows, investor akan lebih mudah menemukan tempat-tempat investasi yang potensial di Kota Batu,” tambah Pj Wali Kota Batu.

Pj Wali Kota Batu menambahkan pada triwulan kedua tahun 2024, Kota Batu telah melebihi target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp437,5 miliar. “Kami berharap target PAD di tahun 2024 bisa terlampaui 800 miliar rupiah,” harapnya.

Untuk mencapai target tersebut, sinergi dan koordinasi dari semua pihak sangat diperlukan. “Ini adalah upaya bersama kita untuk memajukan Kota Batu dan mensejahterahkan masyarakat,” tutur Pj Wali Kota Batu.

Sumber: