Satreskrim Polresta Sidoarjo Sosialisasi Cegah KDRT dan Pelecehan Seksual

Satreskrim Polresta Sidoarjo Sosialisasi Cegah KDRT dan Pelecehan Seksual

Kanit PPA Satreskrim Polresta Sidoarjo sosialisasi mencegah KDRT dan pelecehan seksual.(im/jok)--


Kanit PPA Satreskrim Polresta Sidoarjo sosialisasi mencegah KDRT dan pelecehan seksual.(im/jok)--

SIDOARJO, MEMORANDUM - Mencegah terjadinya tindak kekerasan dan pelecehan seksual dalam rumah tangga, PKK Kabupaten Sidoarjo bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menggandeng Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polresta Sidoarjo menggelar sosialisasi bertajuk 'Keluarga Indonesia Antikekerasan dan pelecehan seksual'.

Sosialisasi dibuka Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sidoarjo Sriatun, berlangsung di Pendopo Delta Wibawa, Selasa 28 Mei 2024. Diharapkan anggota PKK di wilayah Kabupaten Sidoarjo  mengerti upaya-upaya pencegahan terjadinya tindak kekerasan dan pelecehan seksual dalam rumah tangga.

Disampaikan Kanit PPA Satreskrim Polresta Sidoarjo Iptu Utun Utami dalam materinya, sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang KDRT dan pelecehan seksual, serta membangun kesadaran untuk menciptakan keluarga yang bahagia dan sejahtera.

BACA JUGA:Polsek Balongbendo Gelar Curhat Kamtibmas Cegah KDRT

BACA JUGA:Polisi Edukasi Pencegahan Kekerasan Seksual di Kampus

Kekerasan dalam rumah tangga dan pelecehan seksual dapat memberikan dampak yang sangat serius bagi korban, baik secara fisik maupun psikis. Sementara bagi pelaku tentu sanksi hukum juga berat. Harapannya dengan pemahaman melalui berbagai kesempatan dapat dimengerti masyarakat.

“Di sini peran ibu-ibu termasuk sebagai penggerak PKK di wilayahnya sangat besar. Masyarakat harus berani melapor jika mengetahui adanya kasus KDRT dan pelecehan seksual di lingkungannya, bahkan KDRT bisa berpengaruh pada perkembangan anak jika mengetahui kejadiannya," jelas Iptu Utun.

Kegiatan sosialisasi ini mendapat antusiasme yang tinggi dari para peserta. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sangat membutuhkan informasi dan edukasi tentang KDRT serta pelecehan seksual.

BACA JUGA:Satreskrim Polresta Sidoarjo Bekuk 6 Warga Surabaya dan Sidoarjo Terkait Handak

BACA JUGA:Satreskrim Polresta Sidoarjo Gulung Gembong Curanmor

Pemkab Sidoarjo bersama stakeholder terkait dalam hal ini Polresta Sidoarjo berharap dengan adanya sosialisasi secara masif, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencegah terjadinya KDRT dan pelecehan seksual, sehingga tercipta lingkungan keluarga yang aman dan nyaman bagi semua.(im/jok)

Sumber: