KPU Lamongan Lantik 1.422 Anggota PPS

KPU Lamongan Lantik 1.422 Anggota PPS

Ketua KPU Kabupaten Lamongan resmi menlatik 1.422 anggota panitia pemungutan suara (PPS) di Gedung Sabudga Kampus Unisda Lamongan. -Biro Lamongan -

LAMONGAN, MEMORANDUM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan Mahrus Ali resmi melantik 1.422 anggota panitia pemungutan suara (PPS) di Gedung Sabudga Kampus Unisda Lamongan Jalan Airlangga nomor 3 Sukodadi, Lamongan.

BACA JUGA:Jaksa Agung Rotasi 15 Kajati, Ini Daftarnya 

Upacara pelantikan dihadiri Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dan mengajak seluruh anggota yang baru dilantik agar mengawal pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 pada 27 November 2024.

Dengan cara menerapkan Pasal 18 ayat 1 PKPU Nomor 8 Tahun 2022, di antaranya mengumumkan daftar pemilih sementara, menerima masukan dari masyarakat tentang daftar pemilih sementara, melakukan perbaikan dan mengumumkan hasil perbaikan daftar pemilih sementara, dan sebagainya.

BACA JUGA:Rotasi Besar-besaran di Kejati Jatim, 14 Kajari dan 2 Asisten 

"Pertama saya ucapkan selamat kepada seluruh PPK yang baru saja dilantik. Saya mengajak saudara semua untuk kawal keberhasilan Pilkada serentak 2024. Karena Pilkada ini merupakan salah satu media menyalurkan hak konstitusional masyarakat," terang Pak Yes sapaan Bupati Lamongan. Senin 27 Mei 2024.

Pak Yes mengingatkan, bahwa akan ada tantangan dalam mengawal proses demokrasi di Lamongan. Mengingat Lamongan merupakan daerah dengan jumlah desa terbanyak di Jatim, yakni 462 desa dan 12 kelurahan. Hal demikian harus dijadikan acuan agr terus meningkatkan kolaborasi antartim.

BACA JUGA:Polda Jatim Tetapkan 3 Tersangka Penembakan di Tol Sidoarjo dan Surabaya, Pelaku Seorang Mahasiswa 

Momen menunggu berlangsungnya Pilkada secara serentak nasional yang dilaksanakan pada 27 November 2024, Pak Yes mengimbau agar momentum ini dapat dimanfaatkan oleh anggota PPS Lamongan untuk memberikan sosialisasi terkait literasi Pilkada kepada masyarakat.

"Di era gencarnya kemajuan teknologi informasi harus dimanfaatkan untuk efektivitas penyelenggaraan pemilu. Sosial media dapat dijadikan media untuk edukasi kepada masyarakat," imbau Pak Yes.

BACA JUGA:Sugeng Triyanto Tinjau Kesiapan PPDB SMA/SMK Negeri Jember Jelang Tahun Ajaran Baru 2024-2025 

Di kesempatan yang sama disampaikan oleh Ketua KPU Lamongan Mahrus Ali, anggota PPS ini menjadi media masyarakat dalam menerapkan kedaulatan rakyat melalui kegiatan pemilihan umum.

"Dalam negara demokrasi kedaulatan rakyat di implementasikan dengan proses pemilihan umum. Maka dari itu PPS Lamongan harus memiliki integritas," tuturnya.

BACA JUGA:Bujuk Bocil Minum Miras, Dua Perempuan Tulungagung Berurusan dengan Polisi 

Oleh karena itu, untuk mewujudkan pilkada berkualitas, anggota PPS Lamongan sudah melakukan rangkaian tes mulai 2 Mei lalu.

“Rangkaian tersebut meliputi seleksi administrasi hingga selesai tulis,” pungkas Ali Mahrus. (*)

Sumber: