Ratusan JCH Kloter 46 Kota Pasuruan Diberangkatkan, Gus Ipul: Semoga Menjadi Haji Mabrur

Ratusan JCH Kloter 46 Kota Pasuruan Diberangkatkan, Gus Ipul: Semoga Menjadi Haji Mabrur

Wali Kota Pasuruan Gus Ipul menyalami JCH yang akan dilepas ke tanah suci.-Biro Pasuruan-

PASURUAN, MEMORANDUM - Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) melepas ratusan jemaah calon haji (JCH) yang tergabung pada Kloter 46 di halaman Gedung Gradhika, Kota Pasuruan, Rabu 22 Mei 2024. 

Sebelum diberangkatkan, ratusan jemaah ini terlebih dulu transit di dalam Gedhung Kesenian Dharmoyudho Kota Pasuruan. Pada 2024 ini, Kota Pasuruan memberangkatkan jemaah sebanyak 371 orang yang sudah terhitung dengan petugas jemaah. Dari Kota Pasuruan sendiri sebanyak 250 orang. 

BACA JUGA:Soal Kasus Vina, Anggota DPR Yakin Polisi Bisa Tuntaskan: Jangan Terprovokasi!

Gus Ipul mengatakan lancarnya pemberangkatan jemaah haji ini, merupakan hasil kerja sama yang baik dengan Kementerian Agama Kota Pasuruan. Ia juga menyebutkan armada yang digunakan para jemaah calon haji ini terdiri dari armada untuk para lansia dan bukan lansia. 

“Kemudian, proses persiapan jemaah sudah dilalui. Mulai tes kesehatan, manasik, dan pelatihan fisik sudah dilalui. Dan mudah-mudahan para jemaah ini bisa melalui proses dengan baik,” ujar Gus Ipul.

BACA JUGA:Rumah Pegi Setiawan, Salah Satu DPO Kasus Pembunuhan Vina Cirebon

Gus Ipul juga mengatakan, bahwa tahun ini, para jemaah memang diberangkatkan dengan lebih spesial dan dilaksanakan dengan megah. Mereka dikumpulkan di gedung Kesenian Dharmoyudho terlebih dahulu untuk menikmati penampilan seperti pemutaran video, penampilan lagu-lagu religi dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Ini Tampang Pegi Alias Perong, Satu DPO Kasus Pembunuhan Vina Cirebon yang Berhasil Diamankan Polda Jabar

“Memang tujuannya, agar para jemaah lebih terkesan dan dapat membaca pesan dari berbagai video yang ditampilkan. Seperti, larangan saat di Masjid Nabawi, menjaga kebersihan. Jadi agar mereka mengingat selain syarat rukun haji, tapi juga mengingat pesan-pesan itu dan tidak lupa mendoakan Kota Pasuruan," tegasnya. 

Orang nomor satu di Kota Pasuruan ini juga menceritakan bahwa Kota Madinah menjadi Kota terbersih di dunia. Untuk itu, ia ingin para jemaah nanti saat pulang Kota Pasuruan dapat mencontoh warga Madinah untuk selalu menjaga kebersihan.

“Tadi di sana, juga tidak diperbolehkan membuang sampah sembarangan. Untuk itu, Bapak-Ibu bisa terus menjaga kebersihan. Dan semoga kita bersama nanti bisa juga mewujudkan Kota Pasuruan menjadi Kota yang bersih,” ucapnya.

BACA JUGA:Pegi Alias Perong, Satu DPO Kasus Pembunuhan Vina Cirebon Berhasil Ditangkap

Gus Ipul juga berpesan kepada seluruh JCH agar dapat menjaga kesehatan selama di tanah suci. Sehingga JCH dapat melaksanakan rukun ibadah dengan sempurna.

“Dan juga jangan lupa menjaga adab, taat dengan aturan dan mengikuti semua proses dengan benar. Karena jika kita tidak taat aturan nanti kita akan kena sanksi. Dan sekali lagi saya ucapkan selamat, sukses dan lancar. Dan semoga kembali ke tanah air dengan selamat, sehat dan menjadi haji yang mabrur,” harap Gus Ipul. (*)

Sumber: