Harkitnas 2024, Pj Wali Kota Batu Ajak Bangkit untuk Indonesia Emas

Harkitnas 2024, Pj Wali Kota Batu Ajak Bangkit untuk Indonesia Emas

Pelaksanaan upacara Harkitnas 2024 di Kota Batu.-Biro Malang-

BATU, MEMORANDUM - Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai memimpin langsung upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 yang diperingati pada 20 Mei 2024, di halaman Balai Kota Among Tani Kota Batu, Senin 20 Mei 2024.

Hadir, Forkompinda Kota Batu, Kepala BNN, Kepala BPS, Kepala Kantor Kemenag, Bank Jatim, dan undangan lain. Peserta upacara diantaranya jajaran TNI, Polres Batu, Satpol PP, Dishub, Damkar, Korpri, PGRI, Pelajar dan Pramuka Kota Batu.

Pj Wali Kota Batu membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Budi Arie Setiadi, menyampaikan pentingnya memanfaatkan momentum ‘Kebangkitan Kedua’ untuk mewujudkan ‘Indonesia Emas 2045’.

Aries menjelaskan Kebangkitan Nasional ditandai dengan berbagai gerakan perjuangan yang awalnya bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908. “Hari ini, kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa,” katanya.

BACA JUGA:63 ASN Pemkot Batu Terima Satya Lancana Karya Satya 2024

Menurutnya, teknologi digital menjadi kunci dalam mewujudkan ‘Indonesia Emas’. Karenanya, penguasaan teknologi dan transformasi digital nasional harus terus diupayakan. Sebanyak 60% penduduk Indonesia yang berusia produktif harus diberdayakan melalui edukasi dan pelatihan untuk mendukung inovasi dan ekonomi digital.

“Bonus demografi yang dimiliki Indonesia haruslah dikelola dengan kebijaksanaan. Salah satu yang berpeluang menjadi penopangnya adalah adopsi teknologi digital,” imbuhnya. 

Sinergi seluruh komponen bangsa, baik pemerintah, swasta, maupun Masyarakat tentunya sangat penting demi mencapai tujuan bersama. Apalagi masa depan Indonesia sangat cerah dan penuh peluang. Melalui kerja keras, kolaborasi, dan pemanfaatan teknologi, sehingga ‘Indonesia Emas 2045’ dapat diwujudkan.

“Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju ‘Indonesia Emas 2045’. Mari kita rayakan kebangkitan nasional kedua menuju ‘Indonesia Emas’,” terangnya.(nik)

Sumber: