Bhabinkamtibmas Desa Keting Pimpin Mediasi Pembayaran Utang Kambing

Bhabinkamtibmas Desa Keting Pimpin Mediasi Pembayaran Utang Kambing

Bripka M Habibi, Bhabinkamtibmas Polsek Jombang pimpin mediasi-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Bhabinkamtibmas Polsek Jombang, Polres Jember, Polda Jatim, Bripka M Habibi, berhasil memediasi pembayaran utang kambing senilai Rp 5 juta antara Ibu Ririn Indrawati dan Saudara Lutfia.

Kronologi kejadian berawal ketika Ibu Ririn Indrawati menjual seekor kambing kepada Saudara Lutfia dengan harga Rp 5 juta. Disepakati bahwa pembayaran akan dilakukan secara lunas dalam waktu satu bulan. Namun, Saudara Lutfia ingkar janji dan tidak menepati janjinya. Telah lebih dari satu tahun, hutang tersebut belum juga dibayarkan.

Lantaran merasa dirugikan, hutang tak kunjung dibayar, Ibu Ririn melaporkan kejadian tersebut kepada Kepala Dusun dan Bhabinkamtibmas. Bhabinkamtibmas kemudian mengundang kedua belah pihak untuk mediasi.

Setelah melalui proses mediasi yang alot, akhirnya tercapai kesepakatan. Saudara Lutfia berjanji akan melunasi hutang tersebut kepada Ibu Ririn dalam waktu 1,5 bulan. Kesepakatan ini dituangkan dalam surat pernyataan yang ditandatangani oleh kedua belah pihak dan disaksikan oleh Bhabinkamtibmas dan Kepala Dusun.

BACA JUGA:Polsek Cerme Bersama Forkopimcam Mediasi Penghentian Ibadah di Perum Cerme Indah

"Alhamdulilah semua pihak bisa memahami dan berakhir dengan kesepakatan masih memberikan waktu satu setengah bulan untuk melunasi/membayar sehingga semua tidak ada yang dirugikan, " kata Bripka M Habibi Minggu 19 Mei 2024.

Bhabinkamtibmas berharap dengan mediasi ini, permasalahan hutang kambing dapat diselesaikan dengan baik dan kedua belah pihak dapat kembali menjalin hubungan yang harmonis.

Bripka M Habibi juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam melakukan transaksi jual beli, terutama yang melibatkan pembayaran hutang. Pastikan semua perjanjian dituangkan secara tertulis dan dijaga kelengkapan dokumentasinya.

Kasus ini menjadi contoh bagaimana Bhabinkamtibmas berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat. Dengan kesabaran dan ketegasan, Bhabinkamtibmas berhasil membantu menyelesaikan konflik dan menciptakan suasana yang kondusif di lingkungan masyarakat. (edy)

Sumber: