Mendekati Pilkada, Ketua DPC PKB Kabupaten Pasuruan Malah Mengundurkan Diri, Lho Ada Apa?

Mendekati Pilkada, Ketua DPC PKB Kabupaten Pasuruan Malah Mengundurkan Diri, Lho Ada Apa?

Suasana haru ketika Ketua DPC PKB Kabupaten Pasuruan HM Irsyad Yusuf menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya. -Biro Pasuruan-

PASURUAN, MEMORANDUM - Suasana mengejutkan, penuh haru terjadi di Pendopo DPC PKB Kabupaten Pasuruan. Bagaimana tidak. Di tengah suka cita para fungsionaris partai PKB menyambut rekom awal Gus Mujib dicalonkan DPP PKB sebagai cabup Pasuruan, ternyata Ketua DPC PKB, HM Irsyad Yusuf mengumumkan pengunduruan dirinya.

Pengunduran diri itu ia sampaikan di forum Halalbihalal dan Pendidikan Politik di Pendopo Kantor DPC PKB, Jumat 17 Mei 2024 siang.

Dalam sambutannya, Gus Irsyad berlasan jika pengunduran dirinya adalah sebagai bentuk tanggung jawabnya kepada partai yang membesarkan namanya. Hal ini karena dirinya sudah menandatangani Pakta Integritas atas tidak tercapainya target perolehan kursi DPRD Kabupaten Pasuruan pada Pemilu Serentak 2024 lalu.

BACA JUGA:Pria di Gresik Rudapaksa Gadis 13 Tahun, Pamit ke Orang Tua Ajak Korban Selawatan

Pada Pakta Integritas yang juga disaksikan Sekretaris DPC PKB Sudiono Fauzan, pihak DPP meminta perolehan kursi DPRD pada Pemilu 2024 sejumlah 18 kursi. Atau naik tiga kursi dari perolehan kursi saat ini yakni 15 kursi. Namun pada kontestasi Pileg 2024, ternyata kursi PKB malah turun 1 kursi menjadi 14 kursi.

"Inilah bentuk tanggung jawab dan loyalitas saya kepada partai yang membesarkan saya. Ya, karena saya gagal mencapai apa yang saya tanda tangani dalam pakta integritas itu, ya saya harus konsekuen. Bersedia mengundurkan diri," tegasnya.

BACA JUGA:Satlantas Polres Lumajang Gelar Rapat Koordinasi Penutupan Jalan Lumajang-Malang 

Surat pengunduran dirinya saat ini sudah dilayangkan ke DPP PKB dengan tembusan DPW PKB. Kendati sudah menyatakan mengundurkan diri sebagai Ketua DPC PKB, namun ia menegaskan tetap loyal dan berada di dalam barisan PKB.

"Saya memohon maaf kepada para kiai, bu nyai, para masyayih dan semua pengurus PKB dari DPC hingga ranting atas perjuangan selama ini di PKB. Namun meskipun saya mundur, saya akan tetap loyal dan berkhidmat untuk PKB," terangnya.

BACA JUGA:Toko Kue Basah Dukuh Kupang Dua Kali Dibobol, Pelaku Sama? 

Pernyataan mundur sebagai Ketua DPC PKB yang juga mantan Bupati Pasuruan 2 periode tersebut sontak mengagetkan semua pengurus dan undangan. Sebelumnya Gus Irsyad memberikan sambutan dengan diselingi joke-joke segar sebagai ciri khasnya. Namun pada akhir kata sambutan, suasana menjadi terdiam. Seolah tercekat. Karena Gus Irsyad tiba-tiba mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Ketua DPC PKB. Padahal gawe besar Pilkada 2024 sudah di depan mata. 

BACA JUGA:Polrestabes Surabaya Musnahkan 40,8 Kg Sabu dan 26.019 Pil Ekstasi Jaringan Sumatra-Jawa 

"Saya sendiri belum mendengar sebelumya soal Gus Irsyad mau mundur sebagai Ketua DPC PKB. Baru tahu sekarang ini," terang KH Mujib Imron, Ketua Dewan Syuro DPC PKB yang barusan menerima rekom awal dari DPP PKB sebagai Cabup 2024.

Kendati telah mengumumkan mengundurkan diri sebagai Ketua DPC PKB, namun ia tetap akan berjuang bersama PKB dan memenangkan calon Bupati Pasuruan yang diusung oleh partai yang telah membesarkannya pada Pilkada 2024.

BACA JUGA:Viral Video Mesum Mahasiswa di Kampus UIN Sunan Ampel Surabaya, Begini Tanggapan Wakil Rektor 

"Kita tetap berjuang dan harus bisa memenangkan Gus Mujib dalam pilkada. Saya tetap kader PKB Kabupaten Pasuruan," lanjutnya.

BACA JUGA:Eazy Paspor Kanim Perak Sapa Warga Bawean 

Irsyad Yusuf sendiri saat ini merupakan calon anggota legislatif (caleg) terpilih DPR RI dari PKB yang berangkat dari daerah pemilihan (Dapil) II Jawa Timur. Pasca mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Ketua DPC PKB Kabupaten Pasuruan, ia beharap agar PKB tetap solid dan tetap menjadi partai dengan perolehan kursi terbanyak di DPRD Kabupaten Pasuruan. (*)

Sumber: