Galeri Merah Putih dan Semangat Kreativitas di Balai Pemuda Surabaya

Galeri Merah Putih dan Semangat Kreativitas di Balai Pemuda Surabaya

Penjaga Galeri Merah Putih, Irma- Bayu Sadewa Mulyantara-

MEMORANDUM - Galeri Merah Putih yang berada di sudut gedung Balai Pemuda bisa jadi menjadi geleri paling mungil di Surabaya. Meski hanya berukuran 4,5 x 6 meter namun lokasinya sangat istimewa.

Selain lokasinya yang berada di Jalan Gubernur Suryo 15, Gedung Balai Pemuda merupakan salah satu aset cagar budaya, berdasarkan SK Walikota Surabaya No. 188.45/251/402/1/04/1996.

Bersebelahan dengan Galeri Merah Putih, berdiri juga Galeri DKS, yang dikelola oleh pengurus Dewan Kesenian Surabaya (DKS). Sedangkan Galeri Merah Putih ini dikelola secara swadaya oleh anggota sanggar merah putih.

"Sebagai penjaga saya bertugas untuk menyambut pengunjung, selain itu saya juga akan menjelaskan arti atau makna dari karya yang sedang dilihat oleh pengunjung," ujar Irma, penjaga Galeri Merah Putih.

Irma merasa bahagia saat menjelaskan makna dari karya yang dipamerkan di Galeri Merah Putih tersebut kepada pengunung.

BACA JUGA:Ini Lho Asal Mula dan Cara Makan Semanggi Surabaya yang Benar

BACA JUGA:Sejarawan Tolak Nama Alun-Alun Surabaya, Balai Pemuda Lebih Pantas Disematkan

"Selain memberikan edukasi saya juga bisa melihat prespektif lain yang dirasakan pengunjung saat melihat karya tersebut," ungkapnya.

Galeri Merah putih ini juga memberikan kebebasan bagi semua kalangan jika ingin memamerkan karyanya, karena memang tujuan dari terciptanya galeri ini adalah ingin mewadahi para seniman dari Surabaya untuk bisa memamerkan karyanya. (mg18)

Sumber: