SURABAYA, MEMORANDUM - Merasa waktu Anda selalu kurang? Ingin menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu singkat?
Kuncinya adalah dengan mengatur jadwal harian yang efektif.
BACA JUGA:Tak Semua Benar, Inilah Kebenaran di Balik 8 Mitos Tentang Kucing
Berikut panduan lengkapnya:
1. Memahami Diri Sendiri
Langkah pertama adalah memahami diri sendiri. Kenali jam produktif Anda, kapan Anda merasa fokus dan berenergi.
Pahami juga tipe belajar Anda, apakah Anda lebih visual, auditori, atau kinestetik.
2. Menentukan Prioritas
Buatlah daftar tugas yang ingin Anda selesaikan. Prioritaskan tugas-tugas tersebut berdasarkan urgensitas dan pentingnya.
Gunakan metode seperti Eisenhower Matrix untuk membantu Anda menentukan prioritas.
3. Menentukan Batasan Waktu
Alokasikan waktu yang spesifik untuk setiap tugas. Gunakan teknik time blocking untuk membagi waktu Anda secara efektif.
Pastikan waktu yang Anda alokasikan realistis dan sesuai dengan kemampuan Anda.
4. Menghilangkan Gangguan
Matikan notifikasi di ponsel dan komputer Anda. Cari tempat yang tenang untuk bekerja, jauh dari gangguan seperti televisi atau orang lain.