SURABAYA, MEMORANDUM-Munculnya fenomena TikTok Shop menarik perhatian masyarakat di Indonesia. Tak terkecuali mahasiswa program studi (prodi) Magister Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Aisyah Maharani SPd.
Berangkat dari sini, Aisyah menginisiasi sebuah penelitian berjudul 'Makna Predatory Pricing di Social Commerce: Studi Fenomenologi pada UMKM Konvensional di Surabaya'. Penelitian ini mendapat bimbingan dari dosen prodi Magister Ilmu Komunikasi, Dr Merry Fridha Tri Palupi MSi dan Dr Bambang Sigit Purnomo SSos MSi.
BACA JUGA:Gunakan Algoritma ANN, Mahasiswa Untag Surabaya Berhasil Ciptakan Program Prediksi Cuaca
Aisyah mengungkapkan, penelitian ini bertujuan untuk mendalami fenomena predatory pricing yang muncul dalam praktik bisnis di platform social commerce, khususnya pada UMKM konvensional di Surabaya. Predatory pricing sendiri merupakan fenomena perdagangan yang berorientasi untuk menjual barang dengan harga yang lebih murah daripada harga pasar.
BACA JUGA:Pengamat Komunikasi Politik Untag Surabaya: Pers Harus Mengabdi untuk Kepentingan Publik
"Dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam pengalaman dan persepsi para pelaku UMKM terhadap penjualannya tersebut," kata Aisyah, Senin, 26 Februari 2024.
Melalui penelitiannya ini, Aisyah ingin memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang dampak dan implikasi dari predatory pricing dalam konteks bisnis online, serta memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan kebijakan dan strategi bisnis yang lebih berkelanjutan.
Menurut Aca, sapaan akrabnya, penelitian ini muncul sebagai respons terhadap fenomena TikTok Shop yang telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat.
"Latar belakangnya ketika masyarakat resah dengan maraknya fenomena TikTok Shop, sebuah bentuk social commerce yang bisa menjual segala hal, namun bahkan beberapa waktu lalu sempat ditutup," ungkapnya.
Dia juga mengaku bahwa gagasan ini pertama kali muncul setelah berdiskusi dengan dosen pembimbingnya. "Sejujurnya, inspirasi penelitian ini bermula dari diskusi tentang kekhawatiran yang muncul akibat peralihan toko konvensional ke platform online yang viral, dan kepekaan ini didorong oleh dosen pembimbing saya yang mengamati bahwa harga barang-barang yang dijual melalui social commerce tersebut sangat murah dan mudah dijangkau oleh teknologi," jelas mahasiswa asal Surabaya ini.
Selain itu, Aisyah juga mengungkapkan temuan dari penelitiannya yang menggambarkan dampak dari social commerce tersebut. "Hasil penelitian kami menunjukkan adanya perubahan yang signifikan bagi UMKM konvensional, meskipun tidak merata di semua sektor," terangnya.
Adapun ektor yang paling terdampak adalah pelaku usaha di bidang fashion dan makanan. Namun, di bidang kosmetik, fenomena social commerce justru menjadi peluang bagi mereka untuk memperoleh barang dengan harga grosir yang lebih murah untuk kemudian dijual kembali.
Dengan adanya penelitian ini, calon wisudawati yang akan diwisuda pada 2 Maret mendatang ini berharap agar masyarakat dan UMKM dapat lebih bijak dalam memanfaatkan teknologi di masa mendatang.
“Manfaatnya agar masyarakat dan UMKM lebih bijak dengan adanya social commerce, serta mampu memanfaatkan perkembangan teknologi ini agar tidak tegerus oleh zaman,” terang mahasiswa dengan IPK 3,90 tersebut. (bin)