Universitas Negeri Surabaya Latih Pengrajin Batik Desa Klampar Pamekasan dengan Teknik Nyanggit Nggathok

Selasa 05-12-2023,15:27 WIB
Reporter : Agus Supriyadi
Editor : Agus Supriyadi

SURABAYA, MEMORANDUM - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi D4 Tata Busana Fakultas Vokasi Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menggelar pelatihan pembuatan motif batik berpola nyanggit nggathok kepada para pengrajin batik di Kampung Wisata Batik Desa Klampar Pamekasan Madura.

Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 29 – 30 Juli 2023 dan dilanjutkan kembali pada tanggal 5 -6 Agustus 2023 ini bertujuan untuk menunjang dan meningkatkan nilai tambah Desa Klampar sebagai Kampung Wisata Batik.

"Selain itu, inovasi nyanggit nggathok ini juga dapat meningkatkan efisiensi produksi busana batik," ujar Dra. Urip Wahyuningsih, M.Pd., selaku ketua Tim PKM, Selasa 5 Desember 2023.

Pelatihan ini diikuti oleh 20 pengrajin batik UMKM Desa Klampar Pamekasan Madura. Materi yang diberikan meliputi proses pembuatan motif batik berpola nyanggit nggathok, mulai dari persiapan alat dan bahan, pembuatan pola, hingga pewarnaan.

Setelah pemberian materi, peserta pelatihan kemudian diajak untuk praktik membuat motif batik berpola nyanggit nggathok.

"Kegiatan PKM di Kampung Batik Desa Klampar Madura ini telah memberikan hasil berupa pengetahuan dari pelatihan mengenai proses pembuatan motif batik berpola nyanggit nggathok beserta produk motif batik berpola nyanggit nggathok," ujar Dra. Urip Wahyuningsih.

Dia berharap, pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh para pengrajin batik Desa Klampar Pamekasan Madura ini dapat diterapkan lebih lanjut sehingga dapat menjadi penunjang dan nilai tambah Kampung Wisata Batik Desa Klampar Pamekasan Madura.(*)

 

 

Tags : #universitas negeri surabaya #peningkatan nilai tambah #pelatihan pembuatan motif batik berpola nyanggit nggathok #kampung wisata batik desa klampar pamekasan #inovasi batik #efisiensi produksi
Kategori :

Terkait

Selasa 02-07-2024,18:52 WIB

Jadi Guru Olahraga Harus Menyenangkan

Terpopuler

Terkini