Prabowo-Gibran Resmi Dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2024-2029

Minggu 20-10-2024,10:46 WIB
Reporter : Ferry Ardi Setiawan
Editor : Eko Yudiono

JAKARTA, MEMORANDUM.CO.ID - Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk periode 2024-2029. Keduanya mengucapkan sumpah dalam Sidang Paripurna MPR RI yang berlangsung di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 20 Oktober 2024.

BACA JUGA:Sebanyak 115.000 Personel TNI-Polri Siap Amankan Pelantikan Prabowo-Gibran

Sidang yang dimulai pukul 10.00 WIB ini dipimpin oleh Ketua MPR Ahmad Muzani dan dihadiri oleh tokoh-tokoh penting, termasuk Presiden ke-7 RI Joko Widodo dan Wapres ke-13 Ma'ruf Amin. Prabowo Subianto terlebih dahulu mengucapkan sumpah sebagai Presiden, disusul oleh Gibran Rakabuming Raka yang mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden.

BACA JUGA:Mantan Rektor UMM Dipanggil Prabowo Subianto

Proses pelantikan ini dihadiri oleh seluruh anggota MPR yang turut berdiri dan menyaksikan momen bersejarah tersebut. Setelah pengucapan sumpah, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Prabowo, Gibran, dan pimpinan MPR. Setelah itu, berita acara pelantikan diserahkan oleh pimpinan MPR.

BACA JUGA:Wakil Ketua DPR RI Adies Kadir Apresiasi Prabowo Subianto Komitmen Perbaiki Kesejahteraan Hakim di Indonesia

Prosesi dilanjutkan dengan pertukaran tempat duduk, di mana Prabowo dan Gibran secara simbolis menggantikan posisi Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, yang telah menjabat pada periode 2019-2024. Prabowo kini resmi menjadi Presiden ke-8 Republik Indonesia, sementara Gibran menjadi Wakil Presiden ke-14.

BACA JUGA:Pengamanan Ketat Gedung KPU RI Jelang Penetapan Prabowo Presiden Terpilih Periode 2024-2029

Setelah pelantikan, Prabowo akan menyampaikan pidato pertamanya sebagai Presiden RI dalam sidang paripurna. Acara kemudian akan dilanjutkan dengan iring-iringan dari Gedung Parlemen menuju Istana Negara, di mana Prabowo dan Gibran akan menyapa warga yang hadir di sepanjang jalan. (*/fer)

Kategori :