Lewat Green Economy dan Pemasaran Online, Tim Dosen PPM Unitomo Dongkrak Pendapatan PKL Jalur Gaza

Senin 14-10-2024,17:17 WIB
Reporter : Eko Yudiono
Editor : Ferry Ardi Setiawan

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Kelompok dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) serta Fakultas Teknik Universitas Dr Soetomo (Unitomo) menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) kepada pedagang kaki lima (PKL) di Sentra Kuliner Jalur Gaza, Semolowaru, Surabaya.

BACA JUGA:Pertama Kali S3 Manajemen FEB Unitomo Luluskan Doktor Baru, Rektor Ucapkan Selamat

Kegiatan bertajuk “Pemberdayaan PKL Jalur Gaza Berbasis Teknologi Green Economy untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat” ini diselenggarakan bentuk kepedulian Unitomo terhadap kesejahteraan PKL.

BACA JUGA:Tingkatkan Kemampuan dan Pengetahuan Mahasiswa, Unitomo Jalin Kerja Sama dengan RS Ubaya

“Melalui kegiatan PPM ini, Unitomo berupaya meningkatkan pendapatan PKL dengan memanfaatkan konsep ekonomi hijau dan strategi pemasaran online,” kata Nurhayati, salah satu tim dosen yang terlibat, Senin 14 Oktober 2024.

BACA JUGA:Ratusan Mahasiswa Baru Unitomo Digembleng Wawasan Kebangsaan di Koarmada II

Pelatihan ini mencakup pengenalan konsep green economy oleh Nurhayati, strategi pemasaran online oleh Agustiawan Djoko Baruno dan Indrasto Kurniadi, serta panduan praktis penggunaan platform online yang dipandu oleh Achmad Choiron dan Veronika Nugraheni Sri Lestari.

BACA JUGA:Simposium Nasional Teknik Geomatika Unitomo 2024 Jadi Momentum Percepatan Pemenuhan Peta Dasar di Indonesia

Kegiatan yang berlangsung mulai 21 Agustus hingga 13 Oktober 2024 tersebut menjadi bagian dari program yang didanai oleh DIPA Unitomo dan dikoordinasikan oleh Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM).

JUGA:Unitomo Buka 2 Prodi Baru S1 Kebidanan dan Profesi Kebidanan

Nurhayati menjelaskan, Sentra Kuliner Jalur Gaza yang terletak di antara kampus Unitomo dan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) menjadi pusat aktivitas bagi para PKL yang dibina oleh Koperasi Unitomo.

BACA JUGA:623 Lulusan Unitomo Diwisuda, Rektor Pesan Beri yang Terbaik dan Terus Belajar

Namun akibat dampak pandemi Covid-19, pendapatan mereka menurun drastis seiring berkurangnya jumlah mahasiswa dan pekerja di sekitar kampus.

BACA JUGA:Peringati Hari Ibu, Ikatan Wanita Unitomo Fashion Show dengan Pakaian Adat

Sebagai puncak dari rangkaian kegiatan pada 12-13 Oktober 2024, Unitomo mengadakan pelatihan bertajuk "Green Economy: Strategi Cerdas Meningkatkan Pendapatan dengan Prinsip Berkelanjutan dan Pemasaran Online.

Kategori :