Diversifikasi Pangan, Buah Melon Jadi Salah Satu Unggulan Lamongan

Jumat 27-09-2024,15:39 WIB
Reporter : Syaiful Anam
Editor : Fatkhul Aziz

LAMONGAN, MEMORANDUM.CO.ID - Dalam rangka melakukan pembangunan pertanian, Kabupaten Lamongan terus mendukung petani dalam melakukan diversifikasi pangan. Salah satu komoditas diversifikasi yang unggul di Kabupaten Lamongan adalah melon. 

Hal tersebut dituturkan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lamongan Abdul Rouf saat melakukan petik melon, di greenhouse melon Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong.

"Saat ini di Kabupaten Lamongan komoditas yang sedang berkembang dan naik adalah melon baik yang ditanam di lahan atau Tegal atau sawah juga lahan berupa greenhouse atau smart green house," tutur Abdul Rouf.

BACA JUGA:Kades Turi Lamongan Sulap Lahan Tidur Jadi Kebun Melon Hidroponik Beromzet Ratusan Juta

Kenaikan tersebut dapat dilihat dari produksi melon pada tahun 2023 mencapai 32.727 kuintal atau 32.272 ton. Sedangkan pada tahun 2024 (sampai bulan Agustus) produk melon di Kota Soto sudah mencapai 10.687 kuintal atau 1.069 ton. Produksi di tahun 2024 ini berada pada luas tanam 89 hektar, dengan luas panen mencapai 62 hektar.

"Produksi melon terus meningkat, rata-rata produktivitas melon di tahun 2024 adalah 171,60 Ku/Ha atau 17,16 Ton/Ha," ungkap Rouf.

Menurut Rouf, melihat potensi melon yang terus berkembang signifikan maka diperlukan upaya optimal melalui hulu hilir pertanian. Selain itu peningkatan kapasitas kelembagaan petani juga diperhatikan dengan inisiasi dan pembinaan. 

BACA JUGA:Inovasi Pertanian Hortikultura di Tengah Cuaca yang Tidak Menentu, Lamongan Tanam Melon Hidroponik Premium

Dengan kolaborasi inklusif tersebut dipastikan mampu mewujudkan pertanian inklusif yang semakin maju mandiri dan tangguh.

Salah satu upaya yang sudah dilakukan Pemkab Lamongan bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lamongan ialah pengembangan secara teknis budidaya melon. Yakni penerapan teknologi hidroponik di Kelompok Tani Putih Widhe Sendangharjo Desa Sendangharjo Kecamatan Brondong.

Selain itu Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lamongan juga aktif melakukan pendampingan budidaya melon, baik budidaya dengan menggunakan metode lahan maupun menggunakan smart greenhouse.

BACA JUGA:Melon Jadi Branding Hortikultura Lamongan

Greenhouse melon yang dikelola oleh Mat Iskan sejak tahun 2020 memiliki perkembangan yang pesat. Pasalnya pada awal didirikan hanya memiliki satu unit, dan pada tahun 2024 ini sudah ada 21 unit greenhouse melon (18 beroperasi dan 3 proses pembangunan).

"Greenhouse melon ini kami rintis sebagai solusi dalam rangka peningkatan pendapatan pertanian," tuturnya.

Pada Kamis 26 September 2024, seluruh greenhouse yang dikelola Mat Iskan memiliki seribu pohon dalam satu unit greenhouse melon. Karena membidik pasar menengah keatas, greenhouse yang dikelola tenaga keluarga ini menanam dua varietas Inthanon dari Belanda dan Sweetnet dari Thailand.

Kategori :