Pj Gubernur Jatim Ajak Forkopimda, Tokoh Agama, dan Elemen Masyarakat Jadi Garda Terdepan Wujudkan Kondusifita

Jumat 27-09-2024,14:23 WIB
Reporter : Tri Haryoko
Editor : Fatkhul Aziz

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono mengajak semua pihak, mulai dari pemerintah daerah, TNI-Polri, alim ulama dan penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 agar menjaga kondusifitas Jatim di tengah tahun politik.

Ajakan itu disampaikan secara langsung oleh Pj Gubernur Adhy saat menghadiri acara Doa Bersama Pilkada Jawa Timur Tahun 2024 Aman dan Damai serta Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H di Lapangan Mapolda Jatim.

Acara ini diikuti sekitar 6.500 orang baik offline maupun online. Juga dihadiri oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat KH Anwar Iskandar, Kapolda Jatim Irjenpol Imam Sugianto, Plh Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono, Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi, Raais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, jajaran Forkopimda Jatim, timses paslon Cagub, pimpinan Pondok Pesantren di Jawa Timur beserta jemaah dan anggota Polri maupun TNI.

BACA JUGA:Pj Bupati Tulungagung Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan dari Pj Gubernur Jatim

“Doa bersama menjadi sarana bersama untuk mewujudkan Pilkada Jawa Timur yang aman dan damai. Pemerintah Daerah, jajaran Polri bersama dengan TNI akan menjadi garda terdepan dalam mewujudkan kondusifitas di Jawa Timur selama rangkaian tahapan Pilkada,” ujarnya. 

Tidak hanya itu, kata Adhy, keterlibatan elemen masyarakat dari tokoh agama maupun tokoh masyarakat juga menjadi kunci dan pondasi bagi keberhasilan Pilkada yang damai dan jauh dari segala bentuk perpecahan. 

Menjaga suasana damai ini pun sangat tepat dengan momen Pilkada 2024 yang berseiring dengan Peringatan Maulid Nabi. Maka dari itu, Adhy mengajak untuk memanfaatkan momentum yang baik ini.

BACA JUGA:Dampingi Jokowi Tinjau Pasar Dukuh Kupang, Pj Gubernur Pastikan Harga Bapok Jatim Terkendali

"Untuk itu, mari kita manfaatkan momentum peringatan Maulid Nabi sebagai upaya menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa,” harapnya.

“Mari kita bersama-sama, bahu-membahu menuju Jawa Timur yang lebih baik,” tambahnya.

Di akhir, Adhy juga berpesan untuk  meneladani sifat-sifat mulia Rasulullah yang selalu mengedepankan perdamaian dan kasih sayang. 

BACA JUGA:Masa Jabatan Pj Gubernur Sultra Diperpanjang, Andap: Ini adalah Amanah dan Tanggung Jawab Besar

“Keteladanan inilah yang menjadi landasan dalam menjaga suasana yang aman dan kondusif di masa jelang Pilkada,” pungkasnya. 

Sementara itu, Kapolda Jatim, Irjenpol Imam Sugianto mengatakan peringatan Maulid Nabi kali ini spesial karena bersamaan dengan Pilkada Tahun 2024. 

Oleh karena itu, ia menekankan semangat untuk memperkuat pagar sosial di tengah meningkatnya konstelasi politik, sekaligus untuk meredam tensi dan sebagai upaya cooling system menjelang Pilkada serentak 2024.

Kategori :