Polres Tulungagung Siapkan Anggota Khusus untuk Pengawalan Melekat Paslon Pilkada 2024

Jumat 20-09-2024,21:02 WIB
Reporter : Ahmad Rifai
Editor : Ferry Ardi Setiawan

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM.CO.ID - Penetapan pasangan calon (paslon) dalam Pilkada 2024 akan dilakukan KPU Kabupaten Tulungagung pada Minggu 22 September 2024.

BACA JUGA:Kapolsek Karangrejo Terima Penghargaan dari Kapolres Tulungagung ketika Upacara HKN 2024

Tahapan penetapan paslon menjadi salah satu tahapan Pilkada 2024 yang mendapatkan perhatian oleh pihak kepolisian. Itu mengingat potensi kerawanan sebagai upaya polisi memastikan terlaksananya pilkada yang sukses dan aman.

BACA JUGA:Cara Unik Kapolres Tulungagung Menginsipirasi Anggota, Kunjungi Mapolsek Sembari Lari Pagi

Kapolres Tulungagung AKBP Mohammad Taat Resdi yang dikonfirmasi pada Jumat 20 September 2024 mengatakan, pasca penetapan paslon pada Minggu mendatang, pihaknya langsung memerintahkan anggota khusus untuk melaksanakan pengawalan melekat (walkat).

"Hari ini akan kami berikan pembekalan untuk anggota yang akan bertugas," ujarnya.

Saat ini pihaknya tengah menyiapkan 17 anggota untuk mendapatkan penugasan walkat, mereka terdiri dari 16 anggota dan 1 orang perwira pengendali.

BACA JUGA:Kapolres Tulungagung Ingatkan Anggota Agar Netral di Pilkada 2024

"Jadi satu orang paslon itu ada dua anggota yang  melekat. Jadi satu paslon ada empat anggota yang melekat, total ada 17, dengan 1 orang perwira pengendali," urainya.

Kapolres Taat mengungkapkan, 16 orang anggota ini disiapkan dengan asumsi nantinya KPU menetapkan seluruh bapaslon yang telah mendaftarkan diri pada tahapan pendaftaran lalu.

BACA JUGA:Lantik Sejumlah Perwira, Kapolres Tulungagung Pesan Agar Segera Beradaptasi dengan Tugas Baru

Kapolres Taat memastikan, anggota yang ditugaskan akan melakukan pengawalan melekat selama 24 jam sejak penetapan paslon sampai proses tahapan Pilkada 2024 selesai, yakni saat pelantikan paslon terpilih.

Masih menurut Kapolres Taat, selain tahapan penetapan paslon, tahapan lainnya juga mendapatkan atensi. Yakni mulai dari tahapan pendaftaran, pengundian nomor urut, kampanye, hingga tahapan pemungutan dan penghitungan suara sampai selesainya pelaksanaan Pilkada 2024.

BACA JUGA:Temui Gangguan Kamtibmas di Kota Marmer, Hubungi Nomor HP Kapolres Tulungagung

"Kita sudah siagakan anggota di KPU dan Bawaslu. Tentu akan kita evaluasi dan kita sesuaikan dengan dinamika dan peta kerawanannya. Namun yang jelas, sampai saat ini kondisinya masih dinamis dan kondusif," pungkasnya. (fir/fai)

Kategori :