Setelah 6 Tahun Tertutup, Tembok Jalan Tambak Wedi Baru Akhirnya Dibongkar

Jumat 13-09-2024,14:25 WIB
Reporter : Arif Alfiansyah
Editor : Fatkhul Aziz

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Sengketa lahan yang menyebabkan penutupan badan Jalan Tambak Wedi Baru selama enam tahun akhirnya menemui titik terang. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akhirnya membongkar tembok yang menghalangi mobilitas masyarakat. 

Proses pembongkaran tembok dilakukan secara langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama warga, Jumat 13 September 2024.

Tembok pembatas yang dibangun sejak tahun 2018 itu, membuat akses jalan menyempit. Lebar jalan yang semula 6 meter menjadi 2 meter saja, sehingga hanya bisa dilewati motor dan pejalan kaki.

BACA JUGA:Wawali Armuji Minta Tembok Jalan Tambak Wedi Baru Dibongkar

Sementara itu, untuk pengendara mobil atau roda empat yang hendak menuju Jalan Tambak Wedi Barat dan Jalan Dukuh Bulak Banteng, selama ini harus memutar jauh yakni ke Jalan Kedinding Lor untuk mencapai tujuan mereka karena terhalang tembok tersebut.

Pembatasan akses jalan ini tidak hanya menyulitkan mobilitas warga, tetapi juga menghambat aktivitas ekonomi di kawasan tersebut. 

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, pembongkaran tembok tersebut setelah pihaknya melakukan mediasi dengan pemilik lahan. 

BACA JUGA:Pascadibongkar, Jalan Penghubung Tambak Wedi Baru-Kedung Cowek Sudah Bisa Dilewati Mobil

"Dengan hati yang ikhlas saya bertemu dengan pemilik lahan meminta agar akses jalan dibuka untuk umum. Alhamdulilah hari ini bisa dibongkar temboknya," kata Eri.

Usai pembongkaran tembok, Eri menyatakan bahwa Pemkot Surabaya akan langsung melakukan pengaspalan jalan untuk mempermudah akses warga.

"Hari ini juga diaspal jalannya supaya warga yang melewati bisa semakin nyaman dan aman," ujarnya

BACA JUGA:Tembok Tambak Wedi Baru Dibongkar Satpol PP

Eri membeberkan, salah satu alasan jalan ditutup dengan tembok lantaran warga sering membuang sampah sembarangan dan menganggu aktivitas pemilik lahan. 

Oleh karena itu, Wali Kota Eri berpesan kepada warga untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarang. 

"Saya minta kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, karena bisa menganggu yang lewat. Ayo semuanya dijaga bareng-bareng akses jalan yang sudah dibuka ini," paparnya.

Kategori :