Kota Malang Raih Apresiasi Daerah Peduli Pelayanan dan Keterbukaan Informasi Publik

Kamis 12-09-2024,18:02 WIB
Reporter : Ariful Huda
Editor : Ferry Ardi Setiawan

JAKARTA, MEMORANDUM.CO.ID - Komitmen Pemkot Malang mewujudkan pelayanan dan keterbukaan informasi publik yang makin transparan serta inklusif mendapat apresiasi di tingkat nasional. 

BACA JUGA:Masuk 6 Kota dengan IMDI Terbaik Nasional, Kota Malang Terima Penghargaan Kemenkominfo RI

Kali ini mendapatkan prestasi Apresiasi Daerah Peduli Pelayanan dan Keterbukaan Informasi Publik yang diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) RI Abdullah Azwar Anas dan diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang Muhammad Nur Widianto mewakili Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan ST MM pada rangkaian acara Indonesia 13ersatu KompasTV di Jakarta, Rabu 11 September 2024.

BACA JUGA:Penghargaan Kemenhub RI : Kota Malang Raih WTN 2024 Kategori Kota Besar

Pada kategori ini ada lima daerah yang mendapatkan apresiasi, yakni Kota Makassar, Kota Malang, Kabupaten Morowali Utara, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Siak. 

Lima pemerintah daerah ini, setelah melalui proses penilaian yang melibatkan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dinilai berhasil memberikan perhatian lebih terhadap pelayanan publik di wilayahnya, serta dianggap telah melaksanakan fungsi strategis terhadap keterbukaan informasi publik. 

BACA JUGA:Raih Penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2024, Pj Wali Kota Malang Ajak Wujudkan Reformasi Birokrasi Berdampak

Terpisah, Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan ST MM mengatakan bahwa di Kota Malang setiap aspek layanan informasi publik terus dibenahi, mulai dari pemutakhiran regulasi, penguatan sumber daya manusia, hingga pemenuhan sarana dan prasarana. 

Semua perangkat daerah pun saling bersinergi dalam mengawal keterbukaan informasi publik menuju Kota Malang yang informatif.

BACA JUGA:Kota Malang Raih Penghargaan di Ajang e-Purchasing Award Jatim 2024

“Dengan kolaborasi dan sinergi yang baik, akan menunjukkan kepada masyarakat bahwa pemerintah hadir memberikan pelayanan terbaik di Kota Malang. Termasuk dalam pelayanan dan keterbukaan informasi publik, terus kita dorong untuk menyediakan informasi bagi masyarakat atau pemohon yang cepat, tepat, mudah serta interaktif,“ jelas Iwan.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Malang Terima Penghargaan Pembinaan Proklim 2024

Keterbukaan informasi publik menurutnya menjadi pilar penting dalam mewujudkan good governance demi terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang transparan, akuntabel dan dapat mendorong partisipasi masyarakat. 

Melalui keterbukaan informasi, masyarakat dapat berperan aktif dalam pengawasan dan proses pengambilan keputusan yang menyangkut kepentingan publik.

BACA JUGA:Komitmen Tingkatkan Derajat Kesehatan, Pj Wali Kota Malang Terima Penghargaan UHC 2024

Kategori :