Antisipasi Banjir, Pemdes Betro Sedati Bersihkan Gorong-gorong

Rabu 11-09-2024,11:39 WIB
Reporter : Budi Joko Santoso
Editor : Fatkhul Aziz

SIDOARJO, MEMORANDUM.CO.ID - Pemdes (Pemerintah Desa) Betro, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo mengantisipasi datangnya musim penghujan dengan membersihkan gorong-gorong. Pembersihan gorong-gorong dilakukan bertahap karena keterbatasan anggaran.

Rabu 11 September 2024, gorong-gorong di Dusun Betro RT 09 Jl Garuda yang giliran dibersihkan. Rencananya secara bertahap, semua gorong-gorong di desa dekat Bandara Juanda itu bakal dibersihkan.

Kepala Desa (Kades) Betro, Aniyu kepada Memorandum mengatakan, pembersihan gorong-gorong dilakukan dengan tujuan agar saluran air tidak tersumbat dan kampung bebas banjir. "Kami lakukan dengan padat karya dan kerja bakti. Melibatkan warga Betro," ujar kades ditemui Memorandum di ruang kerjanya.

BACA JUGA:Kasun dan Kepala TU Betro Dilantik

Tidak hanya dibersihkan, ketinggiannya juga dinaikkan sejajar dengan jalan agar mengurangi kemacetan, kecelakaan dan saluran air lancar pada musim hujan. "Musim penghujan sudah di ambang pintu. Kita antisipasi agar tidak banjir," jelas kades.

Kepala Dusun (Kasun) Betro TPK Padat Karya, Faisol Arif menambahkan, pembersihan gorong-gorong di dusunnya  dilaksanakan melalui padat karya dan kerja bakti warga. "Warga sangat antusias dengan kegiatan ini,"  ujarnya.

Ia berharap pemkab dan pemprov turun tangan dan membantu pembangunan normalisasi kali di Betro dan sekitarnya. Dengan begitu saat musim hujan tiba, kampung-kampung di Sidoarjo, termasuk Betro, tidak kebanjiran.(nurul/zaenal/jokosan)

Kategori :