Kian Kokoh di Puncak Klasemen Perolehan PON XXI 2024, Ketua KONI Jatim Optimistis Emas Terus Bertambah

Rabu 11-09-2024,06:38 WIB
Reporter : Endradi Prayogo
Editor : Muhammad Ridho

ACEH, MEMORANDUM.CO.ID - Hingga hari kedua setelah Presiden Joko Widodo membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumatra Utara, Kontingen Jatim masih kokoh di puncak klasemen perolehan medali sementara.

Sampai pukul 22.00 WIB, Selasa 10 September 2024, arek-arek Jatim sukses mengumpulkan 35 medali emas, 24 perak, dan 25 perunggu berdasarkan laman pulahtajawatimur.com.

BACA JUGA:Atlet Downhill Asal Lumajang Tambah Koleksi Emas untuk Jawa Timur di PON XXI Aceh

BACA JUGA:ITT Borong Emas, Balap Sepeda Mantapkan Jatim di Puncak Klasemen

Ketua KONI Jatim Muhammad Nabil mengatakan, hasil hingga hari ini masih on the track. Artinya, perolehan medali Jatim masih sesuai prediksi yang disusun sebelum multievent nasional empat tahunan ini bergulir.

"Artinya, perolehan medali emas kita masih sesuai strategi prediktif dan adaptif. Beberapa cabang olahraga (cabor) memang menargetkan lebih dari yang kita beri (target). Namun itu sudah kita perhitungkan," terangnya.

BACA JUGA:Lampaui Target, Tim Balap Sepeda MTB Jatim Sabet 4 Emas di PON XXI 2024 Aceh-Sumut

Data yang terkumpul di setiap venue, tim dari KONI Jatim, terang Nabil, memang terus memelototi dinamika yang terjadi. Termasuk, situasi di mana banyak atlet-atlet Jatim yang tidak diprediksi sabet emas justru tampil sensasional. Seperti Muhammad Noval Assidiq yang merebut medali emas triathlon nomor standart distance putra.

"KONI Jatim memang 'pelit' menargetkan medali. Jadi benar-benar emas gemuk yang kita perhitungkan. Seperti Eko Yuli dan Luluk di angkat besi. Tapi bukan berarti yang berpotensi perak tidak kita perhitungkan," sebutnya.

BACA JUGA:Bravo, Atlet Lumajang Berhasil Kantongi Emas Pertama Balap Sepeda MTB di Ajang PON Aceh-Sumut 2024

Tak heran, banyak kejutan emas dari atlet Jatim. Sebab, mereka yang berpotensi perak justru tampil maksimal. Perkembangan itu yang menurut Nabil, diharap dapat memacu atlet Jatim lainnya untuk meraih hasil terbaik.

"Dengan perolehan sementara ini, target 169 medali emas atau paling tidak peringkat lebih baik dari PON Papua berpeluang dapat tercapai," kata Nabil.

BACA JUGA:PON XXI Aceh-Sumut 2024 : Jatim Tambah 1 Medali Emas dari Cabor Panjat Tebing Kategori Speed Relay Putri

Ketua Perkumpulan Angkat Besi (PABSI) Jatim Jeffry Tagore menambahkan, beberapa cabor andalan Jatim masih berpeluang over target. Seperti selam, renang, tenis, dan paralayang. Hal itu juga didukung perolehan Jabar dan DKI Jakarta.

Khususnya Jabar yang hari ini dikudeta DKI Jakarta dari peringkat kedua, banyak nomor andalan Jabar justru gagal menyumbang emas. Seperti di nomor dayung, prediksi awal Jabar dapat meraup lebih dari 20 medali emas. Namun baru lima keeping yang dapt dikumpulkan. Emas justru melayang ke daerah-daerah lain.    

Kategori :