Banyak Keluhan Jemaah, Bea Cukai Siap Jelaskan Aturan Bagasi Umrah

Senin 09-09-2024,13:28 WIB
Reporter : Ali Muchtar
Editor : Fatkhul Aziz

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID – Surat Kabar Memorandum bekerjasama dengan FK Patuh (Forum Komunikasi Pengusaha Travel Umrah Haji) Jatim akan mengadakan talk show edukasi barang bawaan jemaah umrah pada Jumat 13 September 2024 pukul 14.00 WIB di arena Haji Umrah Expo di Royal Plaza Surabaya.

Menurut Ali Muchtar, manajer event Memorandum, talk show ini merupakan bagian dari acara menarik di arena pameran travel umrah. Hal ini karena saat pameran banyak masyarakat yang akan berangkat umrah.

"Topik yang kami angka adalah hasil diskusi dari teman-teman travel umrah. Jadi, masalah ini sangat untuk diketahui semua calon jemaah umrah," ujar Ali Muchtar.

BACA JUGA:Manasik Bakkah Travel Persiapkan Jemaah untuk Umrah Maulid

Sementara itu, Ketua FK Patuh Jatim Ahmad Bajuri mengatakan, bahwa talk show ini sangat dibutuhkan masyarakat karena adanya keluhan jemaah umrah yang terkena pemeriksaan petugas bea cukai di Juanda, Surabaya.

"Ada seorang jemaah yang mengaku membawa oleh-oleh umrah berupa kurma dan zamzam, saat melewati counter bea cukai  ternyata ditahan dan diinterogasi dengan alasan dikuatirkan akan dijual," ujar Bajuri.

Keluhan lainnya datang dari para pimpinan travel umrah. Selama ini, mereka tidak pernah diperiksa, tapi mulai tahun 2024 ini diterapkan aturan ketat. 

BACA JUGA:Memorandum Haji Umrah Expo 2024: Solusi Lengkap Persiapan Ibadah

"Beberapa masalah inilah yg perlu direspons cepat oleh Bea Cukai untuk memberikan penjelasan tentang aturan bagasi umrah agar tidak menimbulkan protes masyarakat," tandas Bajuri, yang juga Direktur Bakkah Travel Umrah.

Bajuri mengimbau agar masyarakat yang akan pergi umrah untuk datang dan mengikuti talk show ini. "Talk show ini juga penting bagi para pimpinan travel dan jemaah yang pernah mengalami pemeriksaan bea cukai," ucapnya.

Bajuri mengharapkan bahwa kerjasama antara media massa dan forum komunikasi pengusaha travel ini dapat memberikan dampak positif bagi industri travel umrah di Jawa Timur. 

BACA JUGA:Gelapkan Uang Dana Umrah Rp 458,7 Juta, Bos Travel Umrah Haji Dituntut 3 Tahun

"Dengan pemahaman yang baik mengenai aturan bea cukai, diharapkan para jemaah dapat menjalankan ibadah umrah dengan lancar tanpa adanya kendala", tegas Bajuri. 

Haji Umrah Expo diselenggarakan oleh Memorandum selama 5 hari, Rabu sampai Ahad 11-15 September 2024 di Royal Plaza Surabaya.

Bagi yang ingin berpartisipasi sebagai peserta dan sponsorship bisa menghubungi Divisi Event Surat Kabar Harian Memorandum di wa.me/628175128003 pada jam kerja.(mtr)

Kategori :