Presiden Jokowi Cek Harga dan Stok Kebutuhan Bahan Pokok di Surabaya

Jumat 06-09-2024,16:18 WIB
Reporter : Arif Alfiansyah
Editor : Muhammad Ridho

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Presiden Joko Widodo melakukan pengecekan harga dan stok kebutuhan bahan pokok di Pasar Soponyono, Kecamatan Rungkut, Jumat 6 September 2024.

BACA JUGA:Blusukan ke Pasar Soponyono, Jokowi Minta Maaf ke Masyarakat Surabaya

Dalam kunjungannya, Jokowi mengapresiasi kondisi harga pangan di pasar tradisional tersebut. 

"Soal inflasi pangan, saya kira baik ya. Inflasi inti kita, terutama pangan, dalam kondisi yang baik," kata Jokowi.

Kepala Negara juga menyampaikan bahwa beberapa harga komoditas pokok mengalami penurunan. Seperti di antaranya adalah bawah merah dan telur. 

"Tadi kami cek, bawang merah yang biasanya di atas Rp 40 ribu, tadi saya cek Rp 25 ribu. Kemudian telur juga Rp 24 ribu. Saya kira untuk harga pangan ini sebagian ada yang turun, dan yang naik saya lihat tidak ada," tuturnya.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Resmikan RS Vertikal Kemenkes di Surabaya, Sebut Jatim Urutan Ketiga Kematian Tertinggi

Presiden juga menegaskan bahwa kondisi deflasi selama empat bulan terakhir, merupakan hasil dari pasokan dan distribusi yang baik. 

"Kalau inflasi berada pada posisi deflasi selama empat bulan, saya kira memang karena pasokannya cukup dan distribusinya baik," kata Jokowi. 

Selain melakukan pengecekan harga, Presiden Jokowi juga menyempatkan diri untuk menyapa sekaligus berpamitan kepada pedagang dan pengunjung di Pasar Soponyono. Hal ini Presiden Jokowi akan purna tugas pada 20 Oktober 2024. "Tadi pas ketemu masyarakat sambil pamit, kan bulan depan saya sudah purna tugas," ujarnya.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Akhiri Masa Bakti Mensos Risma di Kabinet

Di tempat sama, Wali Kota Eri Cahyadi menuturkan bahwa kehadiran Presiden Jokowi di Pasar Soponyono memberikan dampak positif bagi para pedagang dan warga yang merasa bangga dengan perhatian yang diberikan.

"Alhamdulillah tadi beliau (Presiden Jokowi) memantau, melihat stok belanja bahan pokok, juga termasuk harganya. Harga sudah standar semuanya, sudah sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah," kata Wali Kota Eri.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Lantik 3 Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju

Bahkan, Wali Kota Eri mengungkapkan bahwa antusiasme warga Surabaya terhadap kunjungan Presiden sangat tinggi. Banyak warga yang mengungkapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas kepemimpinannya selama ini.

"Tadi antusiasnya warga Surabaya kepada beliau sebagai Presiden, banyak yang menyampaikan terima kasih kepada beliaunya. Alhamdulilah dari pantauan beliau, Pasar Soponyono ini sudah sesuai harapan beliaunya," pungkasnya.

Kategori :