CMS Bareng Anis Tiana Pottag dan Ingo Pottag: Loyalitas Suporter Indonesia Masih Kurang

Rabu 04-09-2024,19:22 WIB
Reporter : Farid Al Jufri
Editor : Ferry Ardi Setiawan

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Cangkrukan Malem Seloso (CMS) digelar di Warkop DBN (Duduk Bareng Ngopi). Dalam acara ngopi, silaturahmi, dan diskusi mengambil tema Fanatisme dan Loyalitas Legal Culture Suporter Sepakbola di Indonesia dan Eropa di Era Digital. 

BACA JUGA:Jeda FIFA Matchday, Persebaya Beri Libur Pemain

Peneliti, Legal, Sport Law Enthusiast, Anis Tiana Pottag dan Pemerhati Sepakbola Indonesia dan Jerman, Ingo Pottag menjadi narasumber di acara CMS kali ini. 

BACA JUGA:Beri Harga Murah, Persebaya Buka Tiket Bundling 1

Anis Pottag mengatakan legalitas suporter sepakbola di Indonesia itu sangat berbeda dengan Eropa. Menurutnya suporter di Eropa sangat engage (melibatkan) dengan klub ada fanatisme dan loyalitas sangat besar. 

BACA JUGA:Ini Tanggapan Paul Munster Tekait VAR di Laga Persebaya Vs PSS

"Kalau di Indonesia salah satu bentuk loyalitas suporter ke klub itu contohnya kartu Persebaya Selamanya. Itu salah satu bentuk loyalitas suporter untuk klub karena berkomitmen dengan memiliki kartu Persebaya Surabaya," kata Anis. 

BACA JUGA:Green Force Persebaya Tidak Lagi Hijau

Untuk memudahkan para suporternya, ambil contoh klub Inggris, Chelsea menghadirkan adanya membership card. Kelebihannya yakni suporter punya hak untuk voting memberikan usulan atau pendapat untuk kebijakan klub apabila memiliki kartu tersebut.

BACA JUGA:Mangkir Latihan, Toni Firmansyah Disanksi Persebaya

"Keuntungan kartu ini yakni kami pastinya mendapatkan keuntungan antar lain seperti diskon tiket dan pembelian jersey tim terbaru dan sebagainya termasuk ada acara meeting dengan para member kita bisa mengikuti dengan zoom meeting," jelasnya. 

BACA JUGA:Jelang Laga Lawan PSS Sleman, Persebaya Umumkan Kerja Sama dengan 3 Supporting Partner dan 3 Supplier Partner

"Plus misalnya presale tiket itu yang diutamakan yang punya card tergantung dari kategori awal pembelian card tersebut. Personal, family atau company," tambahnya. 

BACA JUGA:Team Launching Game, Persebaya Menang 2-0 atas Persik

Ia menjelaskan kalau di Persebaya itu maksimal membeli dua tiket pertandingan apabila membeli lewat kartu Persebaya Selamanya dan apabila sudah terverifikasi, maksimal 4 tiket bisa dibeli. Namun yang menjadi minus karena tempat duduknya tidak pasti alias mana yang kosong bisa ditempati. 

Kategori :