Demonstran Tuntut Pemerintah dan DPR Patuhi UUD 45 dan Lawan Politik Dinasti

Kamis 22-08-2024,10:28 WIB
Reporter : Ali Muchtar
Editor : Fatkhul Aziz

SURABAYA, MEMORANDUM – Puluhan massa menggelar aksi demonstrasi di monumen tugu Pahlawan Surabaya, pada hari kamis 22 Agustus 2024 yang dihadiri puluhan pendemo dari Masyarakat Jawa Timur. Mereka menyampaikan tuntutan utama kepada pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Tuntutan pertama adalah mendesak pemerintah dan DPR untuk sepenuhnya mematuhi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 60 dan 70.

Massa menilai bahwa sejumlah kebijakan dan peraturan yang telah dikeluarkan bertentangan dengan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945).

BACA JUGA:Putusan MK Robohkan Kartel Politik di Pilkada, Pengamat Politik: Demokrasi Makin Sehat

Mereka menegaskan bahwa tidak ada pihak yang boleh melanggar konstitusi demi kepentingan pribadi, golongan, atau keluarga tertentu.

Tuntutan kedua adalah perlawanan terhadap politik dinasti. Massa menolak adanya praktik politik dinasti, baik itu dinasti Jokowi maupun dinasti lainnya.

Mereka menuntut agar semua anak bangsa memiliki kesempatan yang sama dalam berpolitik dan mengakses sumber daya ekonomi, tanpa adanya dominasi oleh kelompok atau keluarga tertentu.(mtr)

Kategori :