Polrestabes Surabaya Gelar Rakor Lintas Sektoral, Deklarasikan Pilkada Damai 2024

Senin 19-08-2024,14:18 WIB
Reporter : Ali Muchtar
Editor : Fatkhul Aziz

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID – Polrestabes Surabaya dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang Pilkada 2024, menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dan Deklarasi Damai di Graha Sawunggaling, Gedung Pemerintah Kota Surabaya. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, mulai dari Forkopimda, KPU, Bawaslu, hingga tokoh agama dan masyarakat.

Dalam sambutannya yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Kota Surabaya, Dr. Ikshan, S.Psi., MM., Pemerintah Kota Surabaya mengapresiasi langkah Polrestabes Surabaya dalam menginisiasi kegiatan ini.

"Kami berharap Pilkada 2024 di Surabaya dapat berjalan aman dan lancar seperti Pemilu sebelumnya," ujarnya, Senin 19 Agustus 2024.

BACA JUGA:Jamin Kondusifitas Pilkada 2024, Polrestabes Surabaya Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Semeru 2024

Puncak acara adalah penandatanganan Deklarasi Damai Pilkada 2024 oleh seluruh pihak yang hadir. Deklarasi ini menjadi komitmen bersama untuk menciptakan suasana kondusif selama proses pemilihan berlangsung.

Kapolsek Genteng yang di wakili oleh , AKP Nursalaim Wakapolsek Genteng, yang turut hadir dalam kegiatan ini, memberikan komentarnya.

"Saya sangat mengapresiasi langkah proaktif dari Polrestabes Surabaya dalam mempersiapkan pengamanan Pilkada.Sebagai Kapolsek, kami siap bersinergi dengan seluruh stakeholder untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polsek Genteng.

BACA JUGA:Polrestabes Surabaya Gelar Sispamkota di KPU, Antisipasi Potensi Kerawanan

Kami akan terus melakukan patroli rutin, meningkatkan komunikasi dengan masyarakat, dan siap mengambil tindakan tegas terhadap segala bentuk gangguan kamtibmas," tegasnya.

Dalam paparannya, Kasat Intelkam Polrestabes Surabaya, AKBP Edi Hartono, A.Md., menyampaikan bahwa Kota Surabaya masih dikategorikan rawan dalam Pilkada 2024.

Pihaknya telah melakukan pemetaan kerawanan dan akan terus memantau kelompok-kelompok yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban.

BACA JUGA:Sat Samapta Polrestabes Surabaya Gelar Salat Subuh Berjamaah untuk Cooling System Jelang Pilkada

KPU dan Bawaslu Kota Surabaya juga menyampaikan paparan terkait tahapan Pilkada 2024 dan upaya pengawasan yang akan dilakukan. 

KPU akan melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat, sementara Bawaslu akan menempatkan pengawas di setiap TPS untuk memastikan proses pemilihan berjalan dengan jujur dan adil.

Sinergitas antara Polri, TNI, pemerintah, KPU, Bawaslu, dan seluruh elemen masyarakat menjadi kunci sukses dalam pelaksanaan Pilkada 2024 yang aman dan damai. 

Kategori :