Persiapan Pengamanan Pilkada, Polres Lamongan Gelar Latihan Pra Operasi Mantap Praja Semeru 2024

Jumat 16-08-2024,07:22 WIB
Reporter : Biro Lamongan
Editor : Muhammad Ridho

LAMONGAN, MEMORANDUM - Untuk mempersiapkan pengamanan dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah serentak tahun 2024. Polres Lamongan Gelar Latihan Pra Ops Mantap Praja Semeru 2024.

Dalam sambutannya, Kapolres Lamongan AKBP Bobby A. Condroputra memaparkan dari berbagai satuan tugas (satgas) yang terlibat dalam operasi, termasuk Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas KamtibjarLantas, Satgas Gakkum, Satgas Humas, dan Satgas Banops.

"Masing-masing satgas memaparkan rencana dan strategi pengamanan yang akan diterapkan selama proses pilkada berlangsung," tutur AKBP Bobby.

BACA JUGA:Siap Amankan Pilkada, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Gelar Latihan Pra Operasi Mantap Praja Semeru 2024

Pada kesempatan tersebut, AKBP Bobby menekankan beberapa hal penting kepada seluruh personil yang terlibat, di antaranya agar pengamanan setiap tahapan pilkada dilakukan dengan penuh disiplin dan tanggung jawab.

Juga menginstruksikan untuk melaksanakan pengawalan pribadi kepada para calon Bupati dan Wakil Bupati, serta menindak tegas upaya paksa yang dilakukan oleh pihak-pihak yang ingin mengganggu jalannya pilkada.

Oleh karena itu, tindakan hukum akan diberlakukan pada setiap oknum yang mengancam ketertiban dan keamanan selama pilkada berlangsung.

BACA JUGA:Polres Jember Siapkan Pengamanan Pilkada, Gelar Latihan Pra Operasional Mantap Praja Semeru 2024

AKBP Bobby mengingatkan pentingnya monitoring dan pemetaan yang cermat, serta sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar mereka memahami pentingnya partisipasi dalam pilkada secara damai. Ditekankan bahwa seluruh anggota harus menjaga citra Polri dengan tidak melakukan tindakan yang dapat merusak kepercayaan publik.

"Dengan bimbingan dan pengarahan yang tepat, diharapkan pilkada serentak 2024 di Lamongan dapat berjalan dengan aman, tertib, dan sukses," tandasnya.

BACA JUGA:Forkopimda Jatim Gelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Mantap Praja Semeru 2024

Acara pembukaan yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa. Setelah itu, perwira yang ditunjuk menyampaikan laporan awal kegiatan.

Kegiatan yang dihelat di Gedung SKJ Polres Lamongan dipimpin langsung oleh Kapolres Lamongan AKBP Bobby A. Condroputra, S.H., S.I.K., M.Si., dan didampingi Wakapolres Lamongan, PJU Polres Lamongan, Kapolsek Jajaran Polres Lamongan, serta personil Polres Lamongan yang terlibat dalam Operasi Mantap Praja (OMP).

Senada Wakapolres Lamongan juga memberikan arahan dan menutup rangkaian paparan, yang diikuti dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri dan laporan akhir dari perwira yang ditunjuk.

Kategori :