Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Pemkot Batu dan DPRD Sepakati Perubahan APBD

Kamis 15-08-2024,10:29 WIB
Reporter : Biro Malang Raya
Editor : Fatkhul Aziz

BATU, MEMORANDUM - Pemerintah Kota Batu bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batu telah mencapai kesepakatan terkait Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Tahun Anggaran 2024.

Persetujuan ini ditandai dengan penandatanganan oleh Penjabat (Pj.) Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, pada rapat paripurna DPRD Kota Batu, Rabu 14 Agustus 2024.

P-APBD 2024 ini disusun dengan mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk perubahan asumsi ekonomi makro dan kebutuhan mendesak untuk mengakselerasi pembangunan Kota Batu. 

Beberapa program prioritas yang akan mendapatkan alokasi anggaran lebih besar antara lain, peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program penanganan stunting, pengendalian inflasi, penurunan tingkat kemiskinan ekstrem dan pengangguran.

BACA JUGA:Tingkatkan Penerapan ETPD, Bank Jatim Bersama Pemkot Batu Launching KKPD

Pengembangan infrastruktur, dengan fokus pada perbaikan infrastruktur pendidikan dan jalan, serta optimalisasi pemanfaatan lahan pertanian. Penguatan sektor ekonomi melalui peningkatan kualitas hasil pertanian, penguatan ketahanan pangan, pengembangan kawasan UMKM, dan pemenuhan operasional TPST3R.

“Perubahan anggaran ini merupakan langkah strategis untuk memastikan bahwa program-program pembangunan Kota Batu dapat berjalan efektif dan efisien. Kami berkomitmen untuk mengoptimalkan setiap rupiah anggaran demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.” Ujarnya Pj. Aries.

Aries menekankan pentingnya percepatan pelaksanaan kegiatan, terutama dalam proses pengadaan barang dan jasa.

“Kami berharap dengan adanya P-APBD ini, serapan anggaran dapat meningkat signifikan pada triwulan IV tahun 2024, sehingga dapat menggerakkan roda perekonomian Kota Batu,”  Imbuhnya.

BACA JUGA:Pemkot Batu Launching Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Sementara, Jubir DPRD Kota Batu M. Chaerul tegaskan menyambut baik persetujuan P-APBD 2024. Berharap dengan adanya perubahan anggaran ini, potensi pendapatan daerah dapat semakin ditingkatkan.

"DPRD akan terus mengawal pelaksanaan P-APBD ini agar berjalan sesuai dengan rencana dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Kota Batu." Katanya.

Dengan disetujuinya P-APBD 2024, Pemerintah Kota Batu optimis dapat mencapai target pembangunan yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) 2023-2026. (Nik)

Kategori :