Bawaslu Bojonegoro Raih Penghargaan Terbaik II Kategori Inisiatif Pencegahan

Rabu 14-08-2024,14:55 WIB
Reporter : Biro Bojonegoro
Editor : Fatkhul Aziz

BOJONEGORO, MEMORANDUM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bojonegoro telah meraih penghargaan sebagai yang terbaik ke II dalam kategori Inisiatif Pencegahan. Penghargaan ini diberikan dalam acara Rapat Kerja Teknis Rumah Data dalam persiapan pengawasan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Provinsi Jawa Timur yang diadakan di Grand Empire Palace Hotel Surabaya pada 13 - 15 Agustus 2024, sebagai pengakuan atas upaya Bawaslu Bojonegoro dalam memfasilitasi pemilihan kepala daerah yang bersih dan transparan.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Bojonegoro, Muhammad Muchid menyatakan rasa syukur dan terima kasih atas penghargaan tersebut. Ia mengatakan, penghargaan ini adalah hasil kerja keras seluruh anggota Bawaslu Bojonegoro, Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Bojonegoro dan dukungan masyarakat. 

"Kami berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dan pencegahan dalam setiap tahapan Pilkada agar proses demokrasi di Kabupaten Bojonegoro berjalan dengan adil dan jujur," ujarnya.

Bawaslu Bojonegoro dinilai memiliki berbagai inisiatif unggulan dalam pencegahan pelanggaran pemilu/pemilihan, termasuk program sosialisasi aktif kepada masyarakat, pelatihan intensif bagi pengawas lapangan, serta penerapan teknologi informasi untuk monitoring dan pelaporan pelanggaran secara real-time. Inisiatif-inisiatif ini dinilai efektif dalam mencegah potensi kecurangan dan meningkatkan partisipasi publik dalam proses pemilihan.

BACA JUGA:Optimalkan Pengawasan, Bawaslu Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif ke Organisasi Perempuan

Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi Bawaslu di daerah lain untuk menerapkan strategi pencegahan yang serupa. Ketua Bawaslu Jawa Timur, A Warits mengatakan, "Kami berharap penghargaan ini menjadi contoh baik dan mendorong Bawaslu Kabupaten/Kota di seluruh Provinsi Jawa Timur untuk terus berinovasi dalam menjaga integritas pemilu," bebernya. (top) 

Dengan penghargaan ini, Bawaslu Bojonegoro diharapkan dapat terus memperkuat perannya sebagai pengawas pemilu yang independen dan efektif, serta memberikan dampak positif dalam pelaksanaan Pilkada 2024 mendatang.(top)

Kategori :