Mahasiswa KKN Kelompok 269 Unej Ajak Siswa SDN 1 Kebonagung Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Jumat 09-08-2024,11:01 WIB
Reporter : Biro Lumajang
Editor : Fatkhul Aziz

LUMAJANG, MEMORANDUM - Mahasiswa KKN Kelompok 269 Universitas Jember (UNEJ) melaksanakan kegiatan sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SDN 1 Kebonagung. 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta pengetahuan siswa-siswi tentang betapa pentingnya menjaga kebersihan diri, terutama melalui praktik cuci tangan yang baik dan benar.

Koordinator Desa (Kordes) KKN UNEJ, Husain Syafiq, kepada wartawan mengatakan, bahwa dalam sosialisasi tersebut dimulai dengan perkenalan mahasiswa KKN kepada siswa-siswi dari kelas 1 hingga kelas 6 yang terkumpul di satu ruangan. 

"Mereka memperkenalkan diri, lalu menjelaskan tujuan dari adanya kegiatan sosialisasi. Mahasiswa kemudian menyampaikan materi tentang pola hidup bersih dan sehat, dengan fokus utama pada enam langkah mencuci tangan yang efektif untuk mencegah penyebaran penyakit," papar Husain Syafiq, Kamis (8/8/2024).

BACA JUGA:FK Unej Ajak Ibu Muda Rambipuji Siapkan Menu Sehat Cegah Stunting

Setelah penyampaian materi, lanjut Husain Syafiq, mahasiswa KKN melanjutkan dengan demonstrasi enam langkah cuci tangan. Mereka menunjukkan cara mencuci tangan yang benar, dimulai dari membasahi, menggosok sabun di seluruh permukaan secara menyeluruh, hingga membilas dengan air bersih. Siswa-siswi mengikuti setiap langkah dengan antusias serta mempraktikkan langsung di depan panduan mahasiswa.

Seusai demonstrasi, kata Husain Syafiq, mahasiswa KKN mengadakan sesi tanya jawab atau kuis untuk menguji pemahaman siswa-siswi tentang materi yang telah disampaikan. Mereka memberikan pertanyaan seputar langkah-langkah cuci tangan beserta pentingnya pola hidup bersih dan sehat (PHBS). "Siswa-siswi yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar maka diberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi," katanya.

Disampaikannya, kegiatan sosialisasi tersebut tidak hanya memberikan pengetahuan kepada siswa-siswi, tetapi juga menanamkan kebiasaan baik sejak dini. Melalui adanya praktek langsung dan interaksi yang menyenangkan, mahasiswa KKN berhasil menyampaikan pesan penting tentang pentingnya menjaga kebersihan diri serta lingkungan. Siswa-siswi SDN 1 Kebonagung juga diharapkan dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari mereka, sehingga dapat mencegah berbagai penyakit lalu menjaga kesehatan bersama.( Ags )

Kategori :