Sambut HUT RI Ke-79, Muspika Patrang Kibarkan Bendera Raksasa di Bukit Merah Putih Jember

Kamis 08-08-2024,09:21 WIB
Reporter : Biro Jember
Editor : Muhammad Ridho

JEMBER, MEMORANDUM – Di bukit Merah Putih, Lingkungan Mujan Kelurahan Bintoro Kecamatan Patrang bendera merah putih dikibarkan setinggi 25 meter menggunakan tiang bambu dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan (HUT) RI ke-79 tahun 2024.

Bendera berukuran 10x7,5 m itu dipasang di lahan milik Pemerintah Daerah Jember seluas 60 hektare di ketinggian 1000 mdpl.

Hendra Kusuma Camat Patrang menyampaikan pemasangan bendera merah putih ukuran besar ini sebagai bentuk nasionalisme warga dalam menyambut HUT RI ke-79. Proses pemasangan bendera raksasa itu dilakukan bersama warga setempat dengan melibatkan Muspika dan pihak kelurahan.

“Kemerdekaan ini bukan milik satu golongan, bukan milik satu suku, bukan milik satu agama tapi milik semua masyarakat Indonesia, tentu kami melibatkan masyarakat, petani, Muspika, perangkat kelurahan dan kelompok sosial di masyarakat untuk ambil bagian dalam memperingati HUT RI Ke-79,” terang Camat Henddra Kusuma, Rabu 7 Agustus 2024

BACA JUGA:Semarakkan HUT Ke-79 RI, Pemkab Tulungagung Bagikan 10 Ribu Bendera Merah Putih

BACA JUGA:Jelang Hari Kemerdekaan RI Ke-79, Pj. Bupati Lumajang Bagikan Bendera Merah Putih

Pantauan di lokasi, di sekeliling bukit juga terbentang kain Merah Putih sepanjang 100 meter dengan lebar 2 meter. Pemasangan bendera Merah Putih di lokasi tersebut bukan tanpa alasan, menurut Hendra lokasi tersebut memiliki nilai historis panjang perjuangan masyarakat Patrang sebelum ia menjabat Camat di Patrang. 

“Tentu kami tidak akan melupakan sejarah, di sini sejak dulu dinakaman bukit merah putih oleh senior kami bapak lurah sebelumnya. Kami ingin meneruskan cita-cita beliau,” ucapnya.

Tidak berhenti di situ, pihaknya sudah merancang berbagai kegiatan dalam menyambut hari ulang tahun RI, yakni akan dilaksanakan malam tasyakuran dan upacara bendera merah putih pada tanggal 17 Agustus mendatang.

“Kami akan melaksanakan malam tasyakuran doa bersama dan potong tumpeng pada malam harinya, sebagai bentuk rasa syukur kami pada Tuhan yang Maha Esa atas nikmat kemerdekaan yang kita rasakan saat ini. Lalu pada esok harinya kami Pemerintah Kecamatan Patrang bersama (Muspika) serta Pemerintah Kelurahan dan melibatkan semua warga di sini untuk melaksanakan upacara kemerdekaan,” tandasnya.

BACA JUGA:Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 585 Meter di Atas Jalan di Tulangan

BACA JUGA:Sukseskan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih, Pemkot Surabaya Diganjar Penghargaan dari Kemendagri

Iptu Suparman Kapolsek Patrang mendukung dan mengapresiasi atas pemasangan bendera itu, menurutnya, pengibaran bendera merah putih pada perayaan HUT RI Ke 79 sebagai sikap nasionalisme warga serta rasa menghormati jasa para pahlawan terdahulu dalam merebut kemerdekaan dari penjajah. Bendera ini akan berkibar di bukit merah putih selama satu bulan penuh Agustus 2024.

“Mendukung sekali atas upaya masyarakat Kelurahan Bintoro untuk melaksanakan pengibaran bendera raksasa, tentu ini semua berkat kerjasama Pemerintah Kecamatan dan Muspika maupun Kelurahan dan masyarakat setempat sehingga bendera bisa terbentang di atas bukit ini,” pungkasnya. (eko)

Kategori :