Maling Tas Masjid Sunan Ampel Keok, Modus Pura-pura Tidur Bareng Peziarah

Rabu 07-08-2024,22:15 WIB
Reporter : Arif Alfiansyah
Editor : Ferry Ardi Setiawan

SURABAYA, MEMORANDUM - Kejadian kurang menyenangkan terjadi di Masjid Sunan Ampel. Seorang pria berinisial AB (27), asal Bangkalan Madira nekat mencuri tas milik jemaah yang beristirahat. Beruntung, aksi pelaku berhasil digagalkan petugas keamanan masjid.

BACA JUGA:Ngopi Bawa Celurit, Pemuda Jemur Wonosari Diadili

Peristiwa ini bermula saat korban berinisial J (32), warga Pamekasan, Madura, istirahat di area masjid. Tanpa disadari, tas miliknya yang berisi dompet, HP, dan uang tunai Rp 85 ribu menjadi target pelaku.

"Pelaku ini lihai, dia berpura-pura tidur di dekat korban. Saat situasi sudah dianggap aman, dia langsung mengambil tas korban dan berusaha kabur," ujar Kapolsek Semampir Kompol Eko Adi Wibowo.

BACA JUGA:Komplotan Bandit Motor Nyaris Dimassa di Manukan Dalam

Namun, aksi pelaku tidak berjalan mulus. Petugas keamanan yang patroli mencurigai gerak-gerik pelaku yang terlihat terburu-buru dan keluar dari masjid pada dini hari. Setelah dilakukan pemeriksaan, ditemukan barang bukti berupa tas milik korban.

"Pelaku tidak dapat mengelak lagi dan langsung kami amankan," tegas kapolsek.

BACA JUGA:Respatti Gagalkan Tawuran Gangster Spontan Surabaya

Dari hasil interogasi, terungkap bahwa pelaku telah tiga kali mencuri dengan modus yang sama di Masjid Sunan Ampel. 

"Petugas keamanan kawasan wisata religi Sunan Ampel beberapa kali mendapat laporan dari pengunjung kehilangan barang berharga, " ujarnya. 

Dalam aksinya pelaku sengaja memilih waktu saat jemaah sedang terlelap untuk melancarkan aksinya.

"Pelaku berpura-pura jadi pengunjung dan beristirahat dengan jemaah lainnya kemudian mengincar tas-tas yang diletakkan sembarangan oleh para jemaah," tambah Kompol Eko.

BACA JUGA:Komplotan Begal Pembacok Sejoli Pernah Rampas Motor Pasutri di Dupak Rukun

Kapolsek Semampir Kompol Eko menyampaikan bahwa peristiwa ini menjadi pengingat bagi seluruh jemaah untuk selalu waspada dan tidak lengah menjaga barang bawaannya, terutama saat berada di tempat umum seperti masjid. 

BACA JUGA:Kampoeng Roti Jalan Dukuh Kupang Dibobol Maling, Aneh Pelaku Tak Ambil Uang Tunai

Kategori :